Analisis pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi harga, terhadap citra merek, (2) pengaruh kualitas produk terhadap citra merek, (3) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, (4) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, (5) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah 126 responden di Yogyakarta yang pernah atau saat ini sedang menggunakan smartphone Xiaomi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Hal ini menunjukkan bahwa (1) terdapat tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan Persepsi Harga terhadap Citra Merek (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Produk terhadap Citra Merek (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (4) terdapat tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dr.Sandu siyoto. (2017). dasar metodelogi penelitian. https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-perilaku-pengguna-internet/
Elmi Yunita, G. W. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. 21(1), 1–9.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Laili Sofia Inayati. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Promosi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(4), 1–20.
Maria Loki Kristianti. (2019). Analisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, persepsi tingkat keamanan, dan fitur layanan terhadap penggunaan mobile banking pada mahasiswa di DKI Jakarta. 11(1), 1–18.
Maulana, Y. S., Marista, M., Nurjanah, D. S., & Hadiani, D. (2021). The Effect Of Brand Image and Brand Trust On Oppo Cellphones Purchase Decision In Banjar City. Business Management Journal, 8(2), 214 – 225.
Megracia, S. (2021). Karakteristik dan Motivasi Entrepreneur Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Kasus Fashion Online Shop Di Kota Bandung). Journal Management, 20(1), 2655–8262. https://faisalbasri01.files.wordpress.com/
Mighfar, S., Sukaris, S., Saleh, M., & Dewantoro, A. Q. (2020). the Effect of Electronic Word of Mouth (EWOM), Product Quality and Price on Purchase Decisions. Innovation Research Journal, 1(2), 99. https://doi.org/10.31933/DIJMS
Pradita, K. D. (2019). Pengaruh tekanan eksternal, ketidakpastian lingkungan, dan komitmen manajemen terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(2), 1–13.
Pratama, A. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pos Indonesia DC Ciputat. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 12. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6293
Rijadi, M. F. (2019). Pengaruh Promosi, Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo. Pengaruh Promosi, Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo, 8(1), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/779
Soedarmadi, A. A. F. P. (2020). Pengaruh brand image, kualitas produk, persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada produk susu natursoya cv. Global mandiri sejahtera kanca purwodadi). Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Suleman, D., Zuniarti, I., Marwansyah, S., & ... (2021). the Effect of Product Innovation on Samsung Smartphone Product Purchase Decisions Through Brand Equity As Intervening …. Journal of Industrial …, 2(5), 188–203. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/209
Tirta Kusuma, A., & Siagian, D. (2017). Peningkatan Keputusan Pembelian Berdasarkan Daya Tarik Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek (Studi Empirik 2017 Smartphone Xiaomi). Manajemen Pemasaran, 7(1).
Wahyoedi, S., Saparso, & Effendi, M. (2021). The Role Of Brand Image As Mediating Variable In The Influence Of Price And Promotion On Buying Interest ( Study Case On Hyundai Electric Car ). International Journal of Science, Technology & Management, 1743–1754.
Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629
DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Hafizh Ryananda, Ida Bagus Nyoman Udayana, Bernadetta Diansepti Maharani
Editorial Address
Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen