Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening

Lusi Andriani Pratiwi, Saino Saino

Abstract


Pertumbuhan usaha makanan dan minuman berkembang sangat pesat. Hal ini didasari oleh minat masayarakat meningkat terhadap industri kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen Waroeng Pondok Salak dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Motode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Waroeng Pondok Salak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data  menggunakan kuisioner yang disebarkan secara daring.  Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (analisis path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, experiential marketing memiliki berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan pelanggan mampu menjadi mediasi antara experiential marketing terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Waroeng Pondok Salak untuk meningkatkan penjualan.

 


Keywords


Experiential marketing; loyalitas konsumen; kepuasan konsumen

References


Andreas, C., & Yuniarti, T. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/674

Anggraeni, D. P. (2016). PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1), 171–177.

Anggraini, N. P. N., Jodi, I. W. G. A. S., & Putra, D. P. (2020). The Influence of Experiential Marketing and E-Service Quality on E-Satisfaction and Repurchase Intention. Journal of International Conference Proceedings, 3(2), 50–58. https://doi.org/10.32535/jicp.v0i0.904

Artanti, Y. (2016). The Impact Of Experiential Marketing On Word Of Mouth ( WOM ) With Customer Satisfaction As The Intervening Variable. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(36), 182–190.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran (Expertoha Studio (ed.); 14th ed.). PT. RajaGrafindo Persada.

Asta, I. N., & Jaya, G. (2019). Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Anajemen, 8(1), 7458–7485. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i1.p18

Bidang Integrasi Pengolahan dan Siseminasi Statistik. (2021). Provinsi Jawa Timue Dalam Angka Jawa Timur Province in Figures 2020 (2020th ed.). BPS Jawa Timur.

Bisnarti, A. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (The Effect of Experiental Marketing on Customer Loyalty). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi, 1(1), 49–57.

Hilman, S. P. F., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Experiential Marketing dan Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Gubug Makan Mang Engking Juanda Sidoarjo. 15(2), 173–189. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/insight.15.2.173-189

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1 (A. Maulana & W. Hardani (eds.); Ketiga Bel). Penerbit Erlangga.

Krisnanda, A. B., & Rastini, N. M. (2018). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(9), 4657–4684.

Kurniawan, D. F., Suroso, I., & Bamban, I. (n.d.). Analisis Pengaruh Customer Retention Program (CRP) Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah Tabungan PT. BNI 46 Tbk Cabang Jember. 1412–5366, 1–15.

Lestari, S. (2018). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada MNC PLAY Jakarta. STIKOM CKI On SPOT, 11(1), 20–30.

Panjaitan, D. . (2017). Pengaruh Experintial Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Variabel Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Fitness First Cabang Oakwood). Jurnal Online Internasional & Nasional Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 4(1), 44–60. https://doi.org/https://doi.org/10.52447/mmj.v4i1.711

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. 5(1), 46–56.

Rindengan, C. M., Mananeke, L., & Poluan, J. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Karombasan Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2988–2997. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21212

Rizal, M. (2016). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 469–478.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado The Influence Of Location , Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing. 7(1).

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen Edisi Revisi (W. Mahabi & Satucahayapro (eds.); V). Kencana Prenada Media Group. https://doi.org/658.834.2

Setyoviyon, I., & Sin, L. G. (2020). The Effect of Experiential Marketing on Customer Satisfaction in Malang Customer Products. Journal of The Community Development in Asia, 3(3), 88–96. https://doi.org/10.32535/jcda.v3i3.893

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Statitiska Untuk Penelitian (Cetakan ke). Alfabeta, CV.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4 (Andang (ed.); IV). CV. ANDI OFFSET.

Widowati, R., & Tsabita, F. (2017). The Influence Of Experiential Marketing On Customer LoyaltyThrough Customer Satisfaction As Intervening Variable ( Study at The House of Raminten Resturant in Yogyakarta Indonesia ). Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 163–180. https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/view/3945

Yanti Febrini, I., Widowati PA, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54. https://doi.org/10.18196/mb.10167

Yulianto, A. D., & Aisjah, S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Kedai Kopi Cak Wang Di Kota Jember). 4(2), 240–253.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lusi Andriani Pratiwi, Saino Saino


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen