Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, dan brand image terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran shopee paylater

Rita Dewi Anggraeni Purnamasari, Hadi Sasana, Ivo Novitaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived ease of use (persepsi kemudahan), perceived usefulness (persepsi manfaat), perceived risk (persepsi risiko), dan brand image (citra merek) terhadap keputusan penggunaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif bersampel 100 responden melalui metode purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan keputusan penggunaan metode pembayaran Shopee PayLater dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh variabel perceived usefulness (persepsi manfaat) dengan nilai (0.000 < 0.05) dan brand image (citra merek) dengan nilai (0.000 < 0.05). Variabel perceived ease of use (persepsi kemudahan) terbukti berpengaruh dengan arah pengaruh yang negatif dengan nilai (0.041 < 0.05) sedangkan perceived risk (persepsi risiko) tidak terbukti berpengaruh secara signifikan dengan nilai (0.053 > 0.05). Keputusan penggunaan pada metode pembayaran Shopee PayLater dapat dijelaskan sebesar 42,1 persen oleh variabel independen dalam penelitian ini yaitu variabel perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk dan brand image. Sedangkan 57,9 persen variabel keputusan penggunaan dijelaskan oleh variabel-variabel diluar variabel independen dalam penelitian ini.


Keywords


Perceived ease of use; perceived usefulness; perceived risk; brand image; keputusan penggunaan

References


Ambarwati, D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa Stie Aub Surakarta. KELOLA : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 98.

Andriyanti, N. Y. (2019). Pengaruh Konflik Terhadap Performansi Kerja Pegawai Pada Pt Sinarmas Multifinance Cabang Sukabumi. Jurnal Ekonomi Stie Pasim Sukabumi, 8(2), 42.

Anggono, B. N. T., Istiatin, & Hadi, S. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay (Studi kasus pada Mahasiswa UNIBA Surakarta). Fokus Ekonomi, 15(1), 152. https://doi.org/https://doi.org/10.34152/fe.15.1.144-153

Assaker, G. (2019). Age And Gender Differences In Online Travel Reviews And User-Generated-Content (UGC) Adoption: Extending The Technology Acceptance Model (TAM) With Credibility Theory. Journal of Hospitality Marketing & Management, 29(4), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/19368623.2019.1653807

Atmaja, N. P. C. D., & Menuh, N. N. (2019). Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, 1, 2.

Aziz, V. R. A. (2015). Pengaruh Persepsi Risiko Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Melalui Blackberry Messenger (BBM). Psikoborneo, 3(2), 190.

Bimantara, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi J&T Express Samarinda. E-Journal Administrasi Bisnis, 8(3), 262.

Caffaro, F., Micheletti Cremasco, M., Roccato, M., & Cavallo, E. (2020). Drivers Of Farmers’ Intention To Adopt Technological Innovations In Italy: The Role Of Information Sources, Perceived Usefulness, And Perceived Ease Of Use. Journal of Rural Studies, 76(July 2019), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.04.028

DailySocial. (2020). Masyarakat Paling Banyak Gunakan Fitur PayLater di Shopee Persentase Responden yang Gunakan Fitur PayLater di Aplikasi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/23/masyarakat-paling-banyak-gunakan-fitur-paylater-di-shopee

Damasta, M. I., & Widayanto. (2018). Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Shopping Convenience Terhadap Customer Satisfaction Melalui Keputusan Pembelian Dalam Transaksi Belanja Online (Studi pada Mahasiswa FISIP Undip Pengakses Situs Lazada.co.id). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 148.

Gojek. (2020). GoPayLater. https://www.gojek.com/paylater/#:~:text=GoPayLater adalah metode pembayaran baru,bayar nanti di akhir bulan.

Irmalisa, Suharno, & Kuleh, J. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Di Samarinda. JURNAL MANAJEMEN, 8(1), 4.

JakPat Mobile Survei. (2018). 3 Jenis Pembayaran Cashless Ini Lebih Disukai Millennials. https://faspay.co.id/2018/02/28/3-jenis-pembayaran-cashless-ini-lebih-disukai-millennials/

Kharisma, D., Mursito, B., & Hadi, S. (2020). Keputusan Penggunaan Jasa Gojek Di Surakarta Ditinjau Dari Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah (Smooting), 18(3), 289.

Kolifah, S., Maduwinarti, A., & Nasution, U. C. (2020). Pengaruh Brand Image dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Aplikasi OVO Di Royal Plaza Surabaya. (JDAB) Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1), 8.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (Jilid Kedu). Erlanggan.

Mahanani, E., & Sari, B. (2019). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Word Of Mouth Dan Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Grab Pada Mahasiwa/I FEB UPI-Y.A.I. IKRAITH-Humaniora, 3(1), 167.

Nurzanita, R., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay Di Surabaya Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Keuangan (AKUNTABEL), 17(2), 285.

OVO. (2020). OVO PayLater. https://www.ovo.id/helpcenter/subcategory/360001730052

Palinggi, S., & Limbongan, E. C. (2020). Pengaruh Internet Terhadap Industri E-Commerce Dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan Di Indonesia. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 4(1), 226.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga.

Rahayu, I. S. (2015). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). JESI JURNAL EKONOMI SYARIAH INDONESIA, 5(2), 144.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior (11th Editi). Pearson Education.

Shopee. (2020). Shopee PayLater. https://help.shopee.co.id/s/global-search/spaylater

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharman. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Aplikasi Online Start-Up Di Kota Medan. JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 7(3), 260.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.

Taherdoost, H. (2018). A Review Of Technology Acceptance And Adoption Models And Theories. International Conference Interdisciplinarity In Engineering, 22, 961–962.

Wibowo, M. A., & Suryoko, S. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Tarif Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Produk E-Money (Studi Kasus Pada Pengguna Layanan Go-Pay Di Kota Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(5), 16–25.

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok. Moneter: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 62.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.10130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rita Dewi Anggraeni Purnamasari, Hadi Sasana, Ivo Novitaningtyas


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen