Stimuli pengaruh brand ambassador terhadap purchase intention melalui mediasi consumer satisfaction

Tri Tjahjo Poernomo

Abstract


Artikel penelitian ini, bertujuan mengidentifikasi keempirisan stimuli pengaruh duta merek terhadap minat beli konsumen melalui mediasi pembentukan nilai-nilai kepuasan pelanggan di lotte mart dewasa ini. Artikel penelitian ini bersifat inferensial statistika (mengidentifikasi kempirisan hipotesis observasi secara faktual). Aktivitas penelitian dilaksanakan pada bulan pebruari 2021 di lokasi lotte mart, Waru Sidoarjo. Subyek penelitian dalam artikel ini terdiri dari keseluruhan pelanggan tetap lotte mart.  Metode penyamplingan responden dilakukan melalui pendekatan sampel penilaian terhadap 60 partisipan penggiat belanja di lotte mart. Identifikasi instrument penelitian dilakukan melalui bantuan media kuesioner observasi. Keseluruhan elemen duta merek (truthwothness, attractiveness, expertise) berpengaruh positip terhadap minat beli melalui mediasi kepuasan pelanggan. Aktivitas pembelian kembali akan terwujud jika pelanggan merasa puas secara optimal melalui proses rangsangan pemasaran yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

 

 


Keywords


Kata Kunci: duta merek; kepuasan pelanggan; minat beli; sampel penilaian

References


Shimp, A.T. (2013). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Terjemahan A Geni. Jakarta: PT Erlangga.

Cooper, D.R & CW Emory. (2015). Business Research Methods, 5th Ed Richard D. Irwin, Inc. New York.

Feng, Ji & He Yanru. (2013). Study on The Relationship Among Customer Satisfaction, Brand Loyality, and Repurchase Intention, Internationality Journal of Theorical and Applied Information Technology, 48(1).

Fitriahningsuh, A. S. C. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening, Tesis. Makasar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makasar.

Haverila, M. (2011). Mobile Phone Features Preference, Customer Satisfaction and Repurchase Intent among Male Users. Australia And Asian Marketing Journal. (19): 238-246

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, pengendalian, Terjemahan W Suprapto. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran, Terjemahan H Waluyo. Jakarta: PT Erlangga

Kotler, P & Gary A. (2012). Principle of Marketing. 14 Ed. Pearson Prentice Hall New Jersey.

Kitapci, Olgun; Akdogan, Ceylan; Dortyol, Ibrahim Taylan. (2014). The Impact of Service Quality Dimentions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word of Mouth Communication in the Public Healthcare Industry. International Journal of Social and Behavioral Sciences. (148): 161-169.

Ningrum, N. S. N. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic By Lazeta, Jurnal Bisnis & Iptek 9(2): 141-152.

Oxford Dictionary of Business, (2012). Information Education For A Businessman.

Royan, F, M. (2014). Marketing Selebriti “Selebriti Dalam Iklan & Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiriâ€, Terjemahan B Subekti. Jakarta: Alex Media Komputindo,

Swatha, B. (2011). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.

Swatha, B & Irawan. (2015). Asas-Asas Marketing, Yogyakarta: Liberty,

Schiffman & Kanuk. (2017). Perilaku Konsumen, Terjemahan S Wigiono. Jakarta: Indeks.

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Bayu Media Publising,

Tjiptono, F. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F, Chandra, G, Adriana, D. (2012). Pemasaran Strategik,. Yogyakarta: Andi Offset.

Zeithaml, Valerie A. & M. J. Bitner. (2011), Services Marketing: Integrating Cutomer. Focus Acros The Firm (2nd ed.). Boston University.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.10067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Tjahjo Poernomo


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen