Pengaruh kualitas produk dan harga serta lokasi terhadap kepuasan konsumen

Putri Indah Sari, Yohanes Kuleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi. Populasi dalam penelitian ini Kriterianya adalah orang yang pernah melakukan transaksi pembelian nasi kuning Ijay. Metode Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling Insidental dengan 105 responden. Data kuesioner yang dikumpulkan telah diuji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh positif signifikansi terhadap kepuasan konsumen; (2) Harga berpengaruh positif signifikansi terhadap kepuasan konsumen. (3) Lokasi berpengaruh positif signifikansi terhadap kepuasan konsumen.


Keywords


Kualitas produk; harga; lokasi; kepuasan konsumen

References


Ariani, Dorothea Wahyu. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif, Proyek Peningkatan Penelitian Pendidikan Tinggi Direktoran Jendral Pendidikan Tinggi, Depdiknas.

Ariyoto, K. 2001. Prinsip-prinsip manajemen operasi, Salemba empat, Jakarta.

Assauri, Sofyan. 2007. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi, Edisi Cetakan Ketujuh. PT Raja Grafindo Pustaka, Jakarta.

Ariescy, Reiga Ritomiea. Yulisetiarini, Diah dan Dimyati Mohamad. 2017. Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan sepeda motor honda dikabupaten jember, Jurnal RELASI STIE.

Bailia, J.F.T., Soegoto, A.S., dan Loindong, S.S.R. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung- warung Makan Lamongan di Kota Manado, Journal of EMBA Universitas Sam Ratulangi Manado.

Cristo, Mandang. Saerang, David P. E dan Worang, Frederik G. 2017. The Influence of Price, Service Quality, and Physical Environment on Customer Satisfaction. Case Study Markobar Cafe Mando, Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Hal. 678 – 686.

Febriana, E.K., Yulianeu, Harini, C. dan Warso M.M., 2017. Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen, Journal of management Universitas Pandanaran Semarang.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Edisi Baru. Penerbit Med Press. Yogyakarta

Hanaysha, Jalal. 2016. Testing The Effects Food Quality, Price Fairness, and

Physical Environment On Customer Satisfaction In Fast Food Restaurant

Industry. Journal Asian Economic and Social Society. Volume 6

Jogiyanto. 2011. Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Kasmir, 2006. Kewirausahaan. Edisi Revisi. Penerbit Raja Grafindo Persada. Jakarta

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jilid 1 dan Jilid 2.

Prehalindo. Jakarta _2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2005. Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga Jakarta

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke12. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip dan Gary, Amstrong, 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi Keduabelas, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, and Garry Amstrong, 2012, Principles of marketing, New Jersey: pearson Education Limited.

Kotler dan Kevin lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid Pertama, Edisi Keduabelas. Jakarta : PT Indeks.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

Lu Xu. Blankson, Charles. Prybutok, Victor. 2017. Relative Contributions of Product Quality and Service Quality in the Automobile Industry, Management Journal




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.9994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com