Analisis pengaruh VisCAP brand ambassador terhadap minat beli aplikasi belajar ruangguru

Putri Agustin Rahmatillah, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Brand ambassador terhadap Minat Beli Aplikasi Belajar Ruangguru dengan menggunakan metode VisCAP yang terdiri dari Visibility, Credibility, Attraction dan Power. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah responden pengguna Aplikasi Belajar Ruangguru di Kalimantan Timur. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS statistik versi 24. Setelah dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh penggunaan Brand ambassador menggunakan uji-T hasil yang di dapat variabel Visibility, Attraction dan Power tidak berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel Credibility berpengaruh secara signifikan dan hasil dari uji-F menunjukkan semua variabel secara bersama berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli Aplikasi Belajar Ruangguru.


Keywords


visibility; credibility; attraction; power; viscap; brand ambassador; minat beli

References


Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hidayat, A. (2017, Juni 2). Penjelasan Teknik Purposive Sampling Lengkap Detail. Retrieved from Statistikian: https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, A. (2021, April 15). Hipotesis. Retrieved from Guru Pendidikan: https://www.gurupendidikan.co.id/hipotesis-adalah/

Mardiani, A. S., & Wardhana, A. (2018). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Bandung Kunafe Cake. Journal of e-Proceeding of Management Vol.5, (2), 2557.

Muchlisin, R. (2018, Desember 22). Aspek, Jenis, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli. Retrieved from Kajian Pustaka: https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.9983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com