Pengaruh kreativitas dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha

Olga Indriani Dwi Ahmad, Saida Zainurossalamia ZA, Sugeng Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha pada kerajinan sarung tenun samarinda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kreativitas dan Inovasi Produk, sementara variabel dependen adalah Keberhasilan Usaha. Populasi pada penelitian ini adalah pemilik usaha kerajinan sarung tenun samarinda dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) Statistik versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada kerajinan sarung tenun samarinda, sedangkan inovasi produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha pada kerajinan sarung tenun samarinda


Keywords


Kreativitas; inovasi produk; keberhasilan usaha

References


Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogjakarta: Andi.

Ananta, R. K. E., Djalali, A., & Farid, M. (2014). Minat Wirausaha,Konsep Diri dan Kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularassa, 9(april), 48–57.

Andreas. (2011). Manajemen Keuangan UKM (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifudin, P. M. (2016). Pengaruh Kreativitas, Inovasi, dan Media Promosi terhadap Keberhasilan Usaha Warung Kopi Free Wifi di Kecamatan Wates. 1–13.

Fandi Abdullah. (2013). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Pakaian Tauko Medan. Universitas Sumatera Utara.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Henry Faizal Noor. (2007). Ekonomi Manajerial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Larsen, P., & Lewis, A. (2007). How award-winning SMEs manage the barriers to innovation. Creativity and Innovation Management, 16(2), 142–151. https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2007.00428.x

Nugroho Setiawan. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada UKM Anak Pagarsih Bandung.

Philip Kotler. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler Dan Gary Armstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran (9th ed.). Jakarta: Indeks.

Pradita, I. D. (2013). Pencapaian Keberhasilan Usaha Melalui Inovasi Produk dan Kreativitas (Survey Pada Boneka di Kopo Sayati Kab. Bandung.

Purwadi. (2015). Kajian sarung samarinda dari prespektif pemangku kepentingan. 12(2), 89–101.

Sugiyono. (2016a). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. (2012). Pemberdayaan Umkm Jenang Melalui Orientasi Strategik Entrepreneurs (Studi Kasus Pada Umkm Jenang Di Kabupaten Kudus)

suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salamba Empat.

Suryana. (2003). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salamba Empat.

Suryana. (2006a). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: PT Salemba Empat.

Suryana. (2006b). Kewirausahaan. Jakarta: Salamba Empat.

Suryana. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Salamba Empat.

Utoyo, I., Fontana, A., & Satrya, A. (2019). The role of entrepreneurial leadership and configuring core innovation capabilities to enhance innovation performance in a disruptive environment. International Journal of Innovation Management, 2050060. https://doi.org/10.1142/S1363919620500607




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.9858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com