Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Member Pada Ray Gym Di Samarida. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 118 responden dari semua populasi yang merupakan pelanggan pada Ray Gym di Samarinda. Hasil pengujian dari variabel Kualitas Pelayanan yang diukur melalui Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik terhadap Kepuasan menunjukkan bahwa secara parsial Reliabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, Daya Tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, Jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, Empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan dan Bukti Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulakan bahwa dari kelima variabel Kualitas Pelayanan tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan. Pada pengujian hipotesis lain variabel Kualitas Pelayanan yang diukur melalui Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan.
Keywords
References
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.
Robustin, Tri Palupi. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Member Dewa Ruci Gym di Kabupaten Jember. Dinamika Global: Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jember.
Wiratama, Muhammad Aristya . 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Helios Fitness Metro Indah Mall. e-Proceeding of Management 2 (3). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Telkom.
Yadi, Eko Supri . 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Family Fitness di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis 3 (1). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman.
DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.9795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com