Pengaruh kapabilitas pemasaran dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran

Siti Zubaidah, Alexander Sampeliling

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kapabilitas pemasaran dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Survey dilakukan pada 47 Toko/Furniture di Samarinda yang menjual produk dari Meubel Jati Jepara di Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada produk Muebel Jati Jepara Samarinda dengan nilai signifikan kapabilitas pemasaran (X1) adalah 0,015 < 0,05. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikan orientasi kewirausahaan (X2) 0,000 < 0,05.


Keywords


Kapabilitas pemasaran; orientasi kewirausahaan; kinerja pemasaran

References


Hadiwidjojo, D.2012. Kapabilitas Pemasaran sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pembelajaran dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (studi di Sulawesi Tenggara),Vol 10. No.13

Hatta, I. H. 2015. Orientasi pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM). 13 (4):653-661.

Indriastuti, Herning. 2015. Membangun Kapabilitas Peninderaan Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Produk Modifkatif terhadap Kinerja Pemasaran. Management Dynamics Conference.

Ferdinand, Augusty., 2014. Metode Penelitian Manajemen. Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen.Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro, semarang.

Kotler,P dan Amstrong, G.., 2008. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2.

Jakarta:Erlangga.

Sitohan, Sonang., 2018. Pengaruh Kreativitas dan Trade Exhibition Inovasi Berkelanjutan dan Kinerja Pemasaran Sentra Industri Kecil Mebel Kayu di Kabupaten Madiun. Jurnal Ekuitas, Vol3. No.12

Ii, B. A. B., and Perikanan Di. 2017. “TINJAUAN PUSTAKA 2 . 1 Penelitian Terdahulu Penelitian Ini Dibuat Berdasarkan Penelitian-Penelitian Terdahulu Oleh Zainal Abidin ( 2017 ), Halim ( 2011 ), Sambudi Hambali , Yahya Wirawan ( 2017 ), Adijati Utaminingsih ( 2016 ) Sebagai Berikut : Tabel Pene.”

kotler, philip. 2009. Manajemen Pemasaran EDISI KETIGA BELAS JILID 2. 13th ed. edited by Adi Maulana. Yayat. Surabaya: ERLANGGA.

Kurniasari, Rika D. 2018. “PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA KERAJINAN ENCENG GONDOK

„AKAR‟).”

Sugiyono. 2014. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN

R&D. Bandung: CV, Alfabeta.

Taan, Hapsawati. 2017. “PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA KARAWO DI KOTA GORONTALO.”

Tawas, Hendra, and Cynthia Djodjobo. 2014. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2(3):1214–24. doi: 10.35794/emba.v2i3.5800.

Uripi, Cahyaningtyas Ria, Muh Asari, P. Edi Sumantri, and Tri Esti Masita. 2016. “Membangun Kinerja UMKM Dengan Kapabilitas Pemasaran.” Sustainable Competitive Advantage (SCA) 6(1):160–61.

Kotler, Philip. 2011. Mnajaemen Pemasaran: Analisis, perencanaan, Implementasi, dan Pengendalaian, Edisis Delapan. Jakarta: Salemba Empat.

Narver, Slater, dan Machachan. 2009. Total Market Orientation, Busnienss Performance And Innovation. Marketing Science Institute, Report no.116




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.9730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com