Reward dan servant leadership terhadap kinerja karyawan hotel

Rasyid Saudi, Robiansyah Robiansyah, Ariesta Heksarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Reward Dan Servant Leadership terhadap kinerja karyawan pada Hotel Bumi Senyiur Di Samarinda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di departemen Housekeeping dan Front Office Hotel Midtown Samarinda yaitu sebanyak 60 karyawan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan program aplikasi Statistical product and Service Solution (SPSS) versi 21 for windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukan Reward Servant Leadership dan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Bumi Senyiur Di Samarinda. Dengan demikian, maka seluruh hipotesis dapat diterima.


Keywords


Reward; servant leadership; kinerja karyawan

References


Bungin, Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, cetakan Kelima. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Dennis, R.S. dan Bocarnea, M. (2005). Development Of The Servant Leadership Assessment Instrument. Leadership and Organization Development Journal, Vol. 25 No.8, pp. 600-615.

Dessler Gary. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi sepuluh. PT Indeks. Jakarta Barat.

Edirisooriya, W. A. (2014). Impact of Rewards on Employee Performance: With Special Reference to ElectriCo. International Conference on Management and Economics (pp. 311-318). Sri Lanka: Faculty of Management and Finance, University of Ruhuna.

Fahmi Irham. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta. Bandung.

Greenleaf, R.K. (1977). Servant leadership: A journey into the nature of legitimate power and greatness. New York: Paulist Press

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 2.Edisi 7. UNDIP.

Hariandja, M.T.E. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat. Jakarta : Pt. Grasindo.

Hasibuan , S. P. M. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, H. T. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE

Jhon Shields. (2016). Managing Employee Performance and Reward, Second Edition . Cambridge: Cambridge University Press.

Mangkunegara, A.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkuprawira, Syafri. (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan pertama, Bogor: Ghalia Indonesia.

Mathis, R.L. dan Jackson J.H. (2009). Human Resource Management, Terj. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Musakabe (2004). Mencari Kepemimpinan Sejati di Tengah Krisis dan Reformasi. Jakarta: Penerbit Citra Insan Pembaru.

Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Terj. Edisi kesepuluh jilid I. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Pramesti, Rizki Ayu dkk.( 2019). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading. V0l. 9 No.1.

Rahayu Muji. (2019). Pengaruh Servant Leadership terhadap Kinerja Karyawan Bagian Prosesing Di Kantor Mail Processing Center Bandung. Vol. XI, No1.

Robbins, Stephen.P. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Robbins, Stephen.P. (2009) Perilaku Organisasi




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i2.9576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com