Pengaruh kesadaran merek (brand awareness) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap keputusan pembelian

Authors

  • Alzahra Sepbrina Arpani FEB Unmul
  • Purwadi Purwadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.9507

Keywords:

Brand awareness, brand trust, purchase decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kesadaran merek (brand awareness) dan kepercayaan merek (brand trust) berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sampo merek Dove di Kota Samarinda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesadaran merek dan kepercayaan merek. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Terdapat 100 responden berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Sementara itu alat analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dan program yang digunakan untuk mengolah data adalah IBM SPSS 25.0.

References

Aaker, D. A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis (D. A. Halim, ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3).

Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness And Brand Image On Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 1–8.

Bilondatu, M. (2013). Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 710–720. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2139

Buchari Alma. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chandra, R., Ekonomi, F., & Samudra, U. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Magnum Blue Di Kota Langsa. 2(1), 40–49.

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Diponegoro Journal of Social and Politic, (c), 1–11. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/1636

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlina Debby, S., & Ai Lili, Y. (2016). PENGARUH TINGKAT BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK VICTORIA ’ S SECRET ( Studi Pada Konsumen Victori a ’ s Se cret di PVJ Bandung ). E-Proceeding of Management, 3(1), 497–505.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management Fifteenth Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kustini, N. I. (2011). Experiential Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business, and Accountancy | Ventura, 14(1), 19–28. https://doi.org/10.14414/jebav.v14i1.12

Kusumajaya, A., Pemasaran, P. M., Petra, U. K., Semuel, H., Besar, G., Ekonomi, F., & Kristen, U. (2014). Pengaruh kesadaran merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan winston indonesia. 2(1).

Nisa, H., Farida, N., & Dewi, R. (2013). Pengaruh Kepercayaan Merek, Switching Cost, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen ( Studi Pada Pengguna Ponsel Nokia Pada Mahasiswa Fisip Universitas Diponegoro Angkatan 2010 Sampai 2012 ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 188646.

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen : Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian (Florent, ed.). Yogyakarta: Pustaka Baru.

Sunyoto, D. (2016). Teori Kuisioner dan Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen.

Yudaruddin, R. (2014). Statistik Ekonomi : Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. Yogyakarta: Interpena.

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles