Pengaruh budaya, sosial dan psikologi terhadap perilaku konsumen

Ririn Wulandari, J. Kuleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Budaya, Sosial dan Psikologi terhadap Perilaku Konsumen pada pembelian produk di coffee shop Republik Coffee Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Budaya, Sosial dan Psikologi, sementara variabel terikat adalah Perilaku Konsumen. Penelitian ini dilakukan pada coffee shop Republik Coffee Samarinda yang terdiri dari 110 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data pada menggunakan kuesioner dengan menguji Pengaruh Budaya, Sosial dan Psikologi terhadap Perilaku Konsumen. Analisis data menggunakan Program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) Statistik versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan Budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen, selanjutnya Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen, sedangkan Psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen pada pembelian produk di coffee shop Republik Coffee Samarinda.


Keywords


Budaya; sosial; psikologi; perilaku konsumen

References


Ahmaddien, I., & Syarkani, Y. (2019). Dengan Statistika Terapan dengan Sistem SPSS (E.

Warsidi (ed.); 1st ed.). ITB Press.

Akpan, D., & John, S. (2016). The Influence Of Cutural Factors On Consumer Buying Behavior

(a Case Study Of Pork). British Journal of Marketing Studies, 4(6), 44–57.

Ayu, N. D. D., & Widiastuti, T. (2011). Pengaruh Faktor Kebudayaan , Sosial , Pribadi dan

Psikologi terhadap Perilaku Pembelian. Aset, 13(2), 165–174.

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS),

(1), 69–78.

Bahtia, M. S. (2009). Dictionary of Psychology and Allied Sciences (1st ed.). New Age

International (P) Ltd., Publishers.

Blackburn, S. (2005). The Oxford Dictionary of Philosophy (2nd ed.). Oxford University Press.Budiman, A. (2006). Kebebasan, Negara, Pembangunan (L. Assyaukanie & Stanley (eds.); 1st

ed.). Freedom Institute.

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik

Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.

Colman, A. M. (2003). Oxford Dictionary of Psychology (1st ed.). Oxford University Press.

Damsar, & Indrayani. (2016). Pengantar Sosiologi Perdesaan (1st ed.). Kencana Prenada Media

Group.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan

Skripsi & Analisis Data dengan SPSS (1st ed.). DEEPUBLISH.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan

Skripsi Tesis da Disertasi Ilmu Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan &

Loyalitas Pelanggan (A. Fauzi (ed.)). Duta Media Publishing.

Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2011). Pengaruh Faktor Budaya , Sosial , Pribadi Dan Psikologi

Terhadap Perilaku Konsumen ( Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama

Banjardowo Semarang ). Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1–23.

Gujarati, D. N. (2007). Dasar-dasar Ekonometrika Jilid 1 (1st ed.). Penerbit Erlangga.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia.

file:///C:/Users/youhe/Downloads/kdoc_o_00042_01.pdf

Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengelola Data dengan IMB SPSS

Statistik 25) (1st ed.). Cv Budi Utama.

Harinaldi. (2005). Prinsip - Prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains (L. Simarmata (ed.)).

Erlangga.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuisioner Menggunakan SPSS. PT Elex

Media Komputindo.

Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan

Statcal (Sebuah Pengantar Untuk Kesehatan) (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita

Menulis.

James, W. (2007). The Principles of Psychology (2nd ed.). Harvard University Press.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan (1st ed.). Prenada Media.

Kamase, J. (2017). Influence Factors Cultural Factors Social Factors Characteristic Individual

And Psychological Factor On The Decision Purchase Of Car Toyota Avanza In Makassar .

(5), 99–104. https://doi.org/10.9790/487X-19050699104

Kardes, F. R., Cronley, M. L., & Cline, T. W. (2011). Consumer Behavior. In Consumer

Behavior (1st ed.). South-Western Cengage Learning.

https://doi.org/10.5005/jp/books/11120_9

Khaniwale, M. (2015). Consumer Buying Behavior. International Journal of Innovation and

Scientific Research, 14(2), 280. https://doi.org/10.1016/b978-0-7506-7897-1.00013-3

Kotler, P. (2002). Marketing Management , Millenium Edition (10th ed.). Pearson Custom

Publishing.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principle Of Marketing. In Person Education (14th ed.).

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism (7th

ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. In Marketing Management (14th ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4324/9780203357262

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education

Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016b). Marketing Management. In Marketing Management (15th

ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4324/9780203862261

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing

Management (3rd ed.). Pearson Education Limited.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kroeber, A. L., & Kluckhohn, C. (1967). Culture A Critical Review of Concepts and Definitions.

Vintage Books. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R (1st

ed.). PT. Kharisma Putra Utama.

Latif, A., Mustanir, A., & Irwan. (2020). Kepemimpinan Pemerintah Desa, Partisipasi

Masyarakat & Perencanaan Pembangunan (1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Lemert, C. (2017). Sosial Theory The Multicultural, Global, And Classic Readings. In Journal of

Chemical Information and Modeling (8th ed., Vol. 53, Issue 9). Routledge.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Li, S., & Srisutto, S. (2019). Psychological Factors Affecting Consumer’s Purchase Intentions of

Agarwood Beads: A case Study of Nanning City, China. 11(2), 189–208.

Lind, D. A., Marchal, W. G., & Wathen, S. A. (2008). Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan

Ekonomi Menggunakan Kelompok Data Global (S. D. Citra (ed.); 13th ed.). Salemba

Empat.

Nawawi, M. T. (2016). Factors of Consumer Behavior that Effect Purchasing Decisions on

Blackberry Smartphone. Journal The WINNERS, 17(1), 59–66.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar (1st ed.). DEEPUBLISH.

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (9th ed.). McGrawHill/Irwin.

Pieter, H. Z., & Lubis, N. L. (2010). Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan (1st ed.). Kencana

Prenada Media Group.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi.

RajaGrafindo Persada.

Pratiwi, K. I., & Mandala, K. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis dan

Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu

Boutique di Kuta. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3619–3645.

Rusmana, A., & Dkk. (2019). Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer (U. Lies, Siti

Khadijah, R. K. Anwar, & A. Rusmana (eds.); 1st ed.). Unpad Press.

Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor

Pribadi. dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih

Produk Operator Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among

Makarti, 6(12), 112–129.

Santoso, P. B., & Hamdani, M. (2007). Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga

(W. Hardani, W. C. Kristiaji, & S. Saat (eds.)). Erlangga.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Consumer (Issue 6). Pearson Education

Limited.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen (5th ed.). Kencana Prenada Media Group.

Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama.Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan

Manual & SPSS. Kencana Prenada Media Group.

Sitoayu, L., Nuzrina, R., & Rumana, N. A. (2020). Aplikasi SPSS untuk Analisis Data Kesehatan

Bonus Analisis Data dengan SEM (M. Nasrudin (ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding

Management.

Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior Buying, Having, and Being (9th ed.). Pearson

Education Limited.

Spiers, S., Gundala, R. R., & Singh, M. (2014). Culture and Consumer Behavior—A Study of

Trinidad & Tobago and Jamaica. International Journal of Marketing Studies, 6(4), 92–99.

https://doi.org/10.5539/ijms.v6n4p92

Stolley, K. S. (2005). The Basics of Sociology. In The Basics of Sociology (2nd ed.). Greenwood

Press. https://doi.org/10.1007/0-387-28390-0

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). PT. Kharisma Putra Utama.

Sudjatmoko. (2015). Leader Transformasional (D. A. M (ed.); 1st ed.). Panembahan Senopati.

Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra (1st ed.).

UMM Press.

Sujarweni, W., & Utami, L. R. (2019). The Master Book Of SPSS Pintar Mengolah Data

Statistik untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Anak Hebat Indonesia.

Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen

(1st ed.). PT. Penerbit IPB Press.

Susanto, A. B., Lapian, J., & Tumbuan, A. (2016). The Influence of Cultural, Social, Personal,

and Psychological on Consumer Purchase Decision Study on Tonasa Cement Product in

Manado City. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 198–206.

Syaifuddin, A. (2019). Psikologi Agama (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca (1st ed.). Cv Budi Utama.

Tylor, E. B. (1871). Primitive Cuture: Researches Into the Development of Mythology, Philosofy,

Religion, Art, and Custom (Vol 2). Bibliothega Bodleiana.

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis (2nd ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.

VandenBos, G. R. (2015). American Psychological Association (APA) Dictionary of Psychology

(2nd ed.). American Psychological Association.

Yakub, D., & Nur, D. B. (2014). The Impackt Of Social Factors On Consumer Buying Behavior

And Empirical Application In Turkey. Journal of Social Science Research, 3(February),

–563.

Yakup, D., Mucahit, C., & Reyhan, O. (2011). The Impact of Cultural Factors on the Consumer

Buying Behaviors Examined through An Impirical Study. International Journal of Business

and Social Science, 2(5), 109–114.

Yulianto, N. A. B., Maskan, M., & Utaminingsih, A. (2018). Metodelogi Penelitian Bisnis (1st

ed.). Polinema Press.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i2.9428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com