Analisis segmentasi dan target penjualan kendaraan truk pt prima putra kaltim samarinda

Waluyo Waluyo, Rahmawati Rahmawati, Asnawati Asnawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini knw target segmentasi dan truk penjualan PT. Prima Putra kaltim Smaarinda untuk mempertahankan persaingan pasar dalam penjualan kompetitif truk yang semakin ketat sekarang di Samarinda. Dalam penelitian ini data yang diambil dari wawancara dan obeservations, yang dalam penelitian ini dilakukan sampling dengan metode purposive sampling, teknik sampai penentuan berdasarkan pertimbangan tertentu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian thes adalah analisis cluster. Segmentasi penjualan truk PT. Prima Putra Kaltim segmentasi berdasarkan demografi, perilaku dan manfaat dari menggunakan klaster analisys K-Means Cluster. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Prima Putra Kaltim memiliki target untuk memenuhi penjualan kemudian cluster 1 dengan persentase 48% dengan segmen dari jenis pekerjaan wiraswasta dari 68% canbe digunakan sebagai target pasar alternatif. Selain itu, PT. Prima Putra Kaltim juga perlu meningkatkan fasilitas layanan purna jual untuk meningkatkan penjualan kendaraan.


Keywords


Segmentasi; targeting dan penjualan

References


Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit UNDIP, Semarang

Gumilar, I. 2007. Metode Riset Untuk Bisnis & Manajemen. Widyatama. Bandung.

Hasan, A. 2012. The Value Proposition Concept in Marketing: How Customer Perceive the Value Delivered by Firms. International Journal of Marketing Studies, 4: 68 87.

Hidayani Sari Dewi, Syafrizal, 2008. Analisis Segmentasi , Tergeting dan Positioning Program Pendidikan Magister (Studi pada Institusi Penyelenggara MM di Kota Padang). Jurnal LIPI , Padang; Universitas Andalas, Vol. 13.No.2.http;//jurnal.pdii.lippi.go.id

Kartajaya Hermawan. 2004. Positioning, Differensiasi, dan Brand. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Kasali, R.2005. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi, Targeting dan Positioning. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta..

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lanne. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Tigabelas. Erlangga. Jakarta.

Precylia, Lisberth . 2014. Analisis Segmentasi,Targeting, dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada Adira Dinamika Multifinance TBK Cabang Manado. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5723, diiakses pada tanggal 10 Oktober 2015.

Santoso, Singgih.2002. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Sugiyono. 2007.Statistik untuk Penelitian.Cetakan keduabelas. Alfabeta. Bandung.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. LaksBang, Pressindo, Yogyakarta.

Yuliana, R. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmenting, Targeting, dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Semarang. Jurnal STIE Semarang. 5 (2): 80




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com