Pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja serta pengembangan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan

Dewi Masithah, Gusti Noorlitaria Achmad

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan, membuktikan pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, membuktikan pengaruh pengembangan karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan, membuktikan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, membuktikan pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, membuktikan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, dan membuktikan pengaruh pengembangan karyawan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory survey, yang bertujuan untuk menjelaskan atau mengekspolarasi hubungan antara dua variabel atau lebih yang kemudia dapat ditarik kesimpulan dari suatu fenomena atau gejala dari variabel tersebut melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian frontliner di Bankaltimtara Kantor Cabang Utama Samarinda dengan menggunakan teknik sampel sensus atau jenuh dalam pengambilan sampel. Analisa data yang digunakan adalah PLS-SEM dengan menggunakan program SmartPLS 3.2 dalam pengolahan data.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, pengembangan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, dan pengembangan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Budaya organisasi; lingkungan kerja; pengembangan karyawan; kepuasan kerja; kinerja karyawan

References


Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Q. (2014) Pengaruh Keyakinan Diri Dan Pengembangan Karyawan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Balai Besar Veteriner (BBVET) Wates Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Brahmasari, I. A. and Suprayetno, A. (2008) ‘Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia)’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(2), pp. 124–135. doi: 10.9744/jmk.10.2.pp.124-135.

Ferdinand, A. (2014) Metode Penelitian Manajemen, Pedomen Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Keli. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. and Latan, H. (2015) Partial Least Squares : Konsep Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Edisi Kedu. Semarang: Universitas Diponogoro.

Gibson, James L. John M. Ivancevich, James H. Donnelly, Jr., and R. and Konopaske (2012) Organizations: Behavior, Structure, Processes. Edited by Fourteenth Edition. New York: McGraw-Hill.

Hardiyono, Hamid, N. and Yusuf, R. M. (2017) ‘The Effect Of Work Environment And Organizational Culture On Employees’ Performance Through Job Satisfaction As Intervening Variable At State Electriciy Company (PLN) Of South Makassar Area’, Advances in Economics, Business and Management Research, 40, pp. 86–96. doi: 10.2991/icame-17.2017.7.

Hasibuan, M. S. . (2014) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Husein, U. (2008) Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ilyas, Y. (2012) Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM Universitas Indonesia.

Jogiyanto, H. and dan Willy, A. (2015) Partial Least Square (PLS) : Alternatif Struktural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kadarisman, M. (2013) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Kasmir (2016) Dasar-Dasar Manajemen (Teori, Definisi, dan Konsep). Edited by C. A. Offset. Yogyakarta.

Kreitner, R. dan and Angelo, K. (2014) Perilaku Organisasi. Edisi Kese. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Kuncoro, M. (2013) Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Edisi Keem. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, A. W. (2012) ‘Pengaruh Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Kinerja Karyawan Bank Sulselbar’, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 16(80), pp. 391–408.

Nitisemito, A. S. (2010) Manajemen Personalia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keti. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, S. (2009) Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Novrians, R. (2018) ‘Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Pada Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di Bulog Divre Jawa Timur)’, p. 121.

Prawirosentono, S. (2011) Kinerja. Bandung: CV. Alfabeta.

Price, A. (2003) Human Resource Management in a Business Context. Second Edi. London: Thomson Learning.

Ranupandojo, H. and Dan Hasan, S. (2009) Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Rivai, V. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : dari Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen, P and Judge, T. (2017) Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Cetakan Ke. Jakarta: Salemba Empat.

Saydam, G. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource) : Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta: Djanbatan.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, A. (2002) ‘Peran Budaya Organisasional Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2).

Thoha, M. (2014) Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Cetakan Ke. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.7770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com