Pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian pada produk kamera merek canon yang ada di samarinda

Donny Hermawan, Suharno Suharno, Gusti Noorlitaria A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kamera Merek Canon yang ada di Samarinda. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 75 konsumen yang ditarik dengan metode non  probability  sampling.  Alat  analisis  yang  digunakan  pada  penelitian  inni  adalah regresi linier berganda dengan bantuan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) 22 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dari hipotesis yang diajukan dengan hasil t test dimana X1 = 4,363; X2 = 0,794; X3 = 0,438; X4 = 2,057. Nilai positif variabel kesadaran Merek, asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan loyalitas merek terdapat hubungan yang sedang.


Keywords


Kesadaran merek; asosiasi merek; persepsi kualitas; dan loyalitas merek

References


DAFTAR PUSTAKA

Assasuari, Sofijan. 2002. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Edisi 1, Cetakan ke tujuh, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Bagus, Susilo Aji. 2011. Pengaruh Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen

Produk Sabun Pencuci Piring Merek Sunlight di Desa Tegalsari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Brawijaya. Malang.

Bagus, Wicaksono. 2010. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Acer di

Acer Point Malang. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Islam Negeri. Malang.

Chitra, Aulia Pratiwi. 2013. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Merek Axe

(Survei Pada Pria Pengguna Parfum Axe di Malang). Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Brawijaya. Malang.

Darmadi, Durianto Sugiarto, dan Tony S. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Prilaku

Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

David, Fred R. 2010. Manajemen Stategis, Salemba Empat. Jakarta.

Dewi, Erna Ferrina. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Jakarta.

Djarwanto. 2011. Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian. Leberty. Yogyakarta.

Dodds, William B., Kent B. Monroe, dan Dhruv Grewal, 1991. “The Effects of Evaluationsâ€, Journal of Marketing Research.

Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, CV. Indoprint. Semarang.

Gobel, Agriani. 2012. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian mobil Toyota pada PT. Hadji

Kalla Cabang Urip di Makassar, Jurnal

Manajemen Pemasaran Universitas Hasanuddin. Makassar.

Holy Icun Y & Martinus Getty. 2008.

Bussines Concepts Implementation Series in Sales and Distribution Management, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.http://books.google.co.id/bo oks?id=uQTyV4Rq1Wgc&dq=holy+ icun &source=gbs navlinks s, diakses tanggal 23 April 2016.

Irani, Nur Ida. 2011. Pengaruh Dimensi

Price Bra nd and Store Brand Equity Terhadap Keputusan Information on Buyers’ Product Pembelian Kartu Telepom Seluler Telkomsel Di Kota Malang.

Jurnal Manajemen Pemasaran

Universitas Brawijaya. Malang.

Kotler, Philip. 2000. Marketing

Management, Prentice Hall International

Editions, New York.

........................., 2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan Jilid 1 dan 2, PT. Indeks. Jakarta.

........................., 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi ke dua belas jilid 1, PT. Indeks. Jakarta.

.........................., 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ke tiga belas jilid 1, PT. Erlangga. Jakarta.

Macdonald, Emma and Byron Sharp.

“Management Perceptions of the

Importance of Brand Awareness as an Indication of Advertising Effetiveness.†Marketing Bulletin,

No 14, Article 2.

Malayu, S.P. Hasibuan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan kesembilan, PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Nicolino, Patricia. 2007. Brand Management. Perdana Media Group. Jakarta.

Nugroho, J. Setiadi. 2003. Prilaku

Konsumen. Kencana. Jakarta.

..............................., 2008. Prilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2009. Mandiri Belajar

SPSS. Mediakom. Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2003. Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

............................, 2008. The Power of Brands (Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan

Merek), PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sekeran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Salemba Empat. Jakarta.

Simamora, Bilison. 2003. Aura Merek,

PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Siswanto, H.B. 2005. Pengantar

Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta.

Sri Astuti Wahjuni dan I Gede Cahyadi.

Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor

Honda. Majalah Ekonomi. Tahun XVII. No. 2. Agustus. Hal. 145-156. Universitas Airlangga. Surabaya.

Staton, William J. 1993. Prinsip Pemasaran jilid 1, Edisi ketujuh. PT. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi, Edisi Kesepuluh, Edisi Revisi. CV. Alfabeta. Bandung.

....................., 2007. Metode Penelitian

Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.

....................., 2010. Statistik Untuk

Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung.

Sule, Ernie Tisnawati & Kurniawan

Saefullah. 2006. Pengantar Manajemen.

Edisi Pertama, Cetakan Kedua. Kencana. Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis

Regresi. CAPS. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi

Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

........................., 2004. Marketing

Scales. Andi. Yogyakarta.

........................., 2005. Brand Management and Strategy. Andi. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2003. Metode Penelitian.

Rajawali. Jakarta.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Cetakan pertama. Bumi Aksara. Jakarta.

Wahyuda nasari, Mu ninggar. 2010.

Analisis Pengaruh Elemen-Elemen

Ekuitas Merek Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Sabun Mandi Pada Merek Lux di Semarang). Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Diponegoro.

Semarang.

Wertime, Kent. 2003. Building Brands & Believers: Membangun Merek dan Pengikutnya. PT. Erlangga.

Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com