Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap profitabilitas bank

Indah Oktafia, Irsan Tricahyadinata, Yonathan Pongtuluran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Net Interest Margin, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Loan to Deposit Ratio, dan Net Profit Margin terhadap Profitabilitas Bank yang diukur menggunakan Return On Assets serta melihat bagaimana tingkat kinerja dan kesehatan Bank Umum Swasta Nasional. Data yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia dengan periode waktu tahun 2012 sampai 2016. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 35 Bank Umum Swasta Nasional dengan jumlah sampel sebanyak 21 Bank dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk mendukung perhitungan adalah Analisis Regresi Linear Berganda yang diolah menggunakan program SPSS Statistic versi 21. Hasil dari penelitian bahwa secara Parsial variabel Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan dan Net Profit Margin berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas (Return On Asstes). Variabel Net Interest Margin, Biaya Operasional Pendapatan Operasional dan Loan Deposit Ratio berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (Return On Asstes).


Keywords


Return on asset;capital adequacy rati; non performing loan; net interest margin; biaya operasional pendapatan operasional; loan deposit ratio; net profit margin

References


Almadany, Khairunnisa. 2012. Pengaruh Loan Deposit Ratio, Biaya Operasional

dan Pendapatan Operasional, dan Net Interest Margin Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, hal : 165-183.

Ayuningrum, Anggrainy Putri. 2011. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM dan LDR Terhadap ROA pada Bank Umum Go Publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan, Ghalia Indonesia, Bogor.

Dewi, Herawati, Luh Gede Erni Sulindawati. 2015. Analisis Pengaruh NIM, BOPO, LDR, danNPL terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Swasta Nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, E-Jurnal Akuntansi Universitas Pendidikan Ghanesa, Vol.3, No.1.

Dewi, Sinarwati, Nyoman Ari Surya Darmawan. 2014. Pengaruh CAR, LDR, BOPO terhadap ROA pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, E-Jurnal Akuntansi Universitas Pendidikan Ghanesa, Vol.2, No.1.

Husaini. 2013. Pengaruh LDR dan NPL terhadap Profitabilitas pada Bank Syariah Mandiri, Semnas Fekon Universitas Malikussaleh: Optimisme Ekonomi Indonesia antara Peluang dan Ancaman.

Hasmah, S., Defung, F., & Tricahyadinata, I. (2018). Perbandingan efisiensi bank pembiayaan rakyat syariah dan bank umum syariah dengan pendekatan data envelopment analysis. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 2(3).

Kasmir, 2014. Manajemen Perbankan, Cetakkan ke Dua Belas, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Masdjojo, Gregorius.N. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rentabilitas pada BPR di Kabupaten Blora, Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol.2, No.1.

Martono, 2007. Bank dan Lembaga Keuangan, Cetakkan Keempat, Ekonisia,

Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Mismiwati. 2016. Pengaruh CAR, NIM, BOPO, LDRdan NPL terhadap ROA pada PT BPD Sumatera Selatan. I-Finance, Vol. 2, No. 1, hal :55-74.

Musyarofatun, Lia Dwi. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rentabilitas Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Magelang, Accounting Analysis Journal Universitas Negeri Semarang, Vol.2, No.1, hal : 60-66.

Muwaddah, Nur. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah, Jurnal Etikonomi Univesitas Islam Negeri Jakarta, Vol.14, No.2, Oktober, hal : 241-256.

Otoritas Jasa Keuangan, 2016. Booklet Perbankan 2016, Edisi 3 tentang

Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan, Jakarta.

Pramuka, Bambang Agus. 2012. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik Universitas Jendral Soedirman, hal : 63-79.

Ramantha, Prasanjaya. 2013. Analisis Pengaruh CAR, BOPO, LDR dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.4, No.1, hal : 230-245.

Riyadi, Slamet, 2006. Banking Assets and Liability Management, Edisi

ketiga, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Utomo, Widi Hening, 2016. Pengaruh CAR, BOPO, NPL dan FDR Terhadap

ROE pada Bank Devisa. Jurnal Ilmu Riset dan Manajemen. STIESIA

Surabaya. Vol.5, No.5.

Singgih. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kinerja Bank pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Fakultas Ekonomi Jember, hal : 1-7.

S.P. Hasibuan, Malayu. 2006. Dasar-dasar Perbankan, Cetakan Pertama,

Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Cetakan Keempat Delapan Belas, Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Bisnis, PT Buku Seru, Jakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Ekonisia, Jakarta.

Syamsuddin, Lukman. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan, PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Triandaru, Sigit dan Totok Budisantoso. 2006. Bank dan lembaga Keuangan

Lain, Salemba Empat. Edisi Dua, Jakarta.

www.idx.co.id (diakses pada tanggal 30 Oktober 2017).




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.3440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com