Analisis Ukuran Bank, Kecukupan Modal dan Risiko Kredit terhadap Kinerja Keuangan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia

Sri Utama Sari, Yonathan Pongtuluran, Irsan Tricahyadinata

Abstract


Sri Utama Sari, Analisis Ukuran Bank, Kecukupan Modal dan Risiko Kredit terhadap Kinerja Keuangan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. (Pembimbing I Dr. Yonathan Pongtuluran, SE., M.Agr dan Pembimbing II Dr. Irsan Tricahyadinata , SE., M.Si). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh ukuran bank, kecukupan modal dan risiko kredit terhadap kinerja keuangan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 Bank Pembangunan Daerah dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran bank berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, kecukupan modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, dan risiko kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan.

Keywords


Ukuran Bank;Kecukupan Modal;Risiko Kredit;Kinerja Keuangan

References


Atmoko, Y., Defung, F., & Tricahyadinata, I. (2018). Pengaruh return on assets, debt to equity ratio, dan firm size terhadap dividend payout ratio. KINERJA, 14(2), 103-109.

Adnan dkk, 2016. Pengaruh Ukuran Bank, Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio dan Loan to Deposit Ratio terhadap Penyaluran Kredit pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis (JDAB) 3(2) Oktober : 49-64.

Asnawi, Said Kelana dan Chandra Wijaya. 2006. Metodologi Penelitian Keuangan Prosedur, Ide dan Kontrol, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Brigham, Eugene F. and Joel F. Houston. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan, Edisi Kedua, Cetakan Kedua. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Ismail, 2010. Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi, Cetakan Pertama. Penerbit Kencana. Jakarta.

Idroes, Ferry N. 2011. Manajemen Risiko Perbankan: Pemahaman Pendekatan 3 Pilar Kesepakatan Basel II Terkait Aplikasi Regulasi dan Pelaksanaannya di Indonesia, Cetakan Kedua. Penerbit PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Kasmir. 2007. Dasar-dasar Perbankan, Edisi 1. Penerbit PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

, 2014. Manajemen Perbankan, Cetakan ke-12. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Universitas Diponegoro. Semarang.

Otoritas Jasa Keuangan, Laporan Keuangan Publikasi Bank, (http://ojk.go.id/) , diakses pada tanggal 4 Desember 2017.

Supardi, 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif, Cetakan Kedua. Change Publication. Jakarta.

Surat Edaran Bank Indonesia No. 13/24/DPNP tanggal 25 Oktober 2011. Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum-Lampiran 1, Bank Indonesia. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.3434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com