PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG DAN KEBIJAKAN DIVIDEN SERTA KEBIJAKAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN GO PUBLIC PERIODE TAHUN 2009 SAMPAI DENGAN 2013)

Muhammad Fahreza Baihaqi, Ardi Paminto, Maryam Nadir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengatahui pengaruh kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Mengatahui pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Mengatahui pengaruh kebijakan investasi terhadap nilai perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia.

Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan jenis data sekunder, berupa annual report perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2009-2013 yang diperoleh melalui www.idx.co.id, www.icmd.com, dan situs web perusahaan, melalui teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda dengan Program SPSS versi 23.0.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa Kebijakan hutang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai Perusahaan. Kebijakan deviden secara parsial memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap nilai Perusahaan. Kebijakan investasi berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai Perusahaan.

Kata Kunci: Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Kebijakan Investasi, Nilai Perusahaan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i2.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com