Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi di toko surya phone samarinda

Ade Rizky Hanafiah, Suharno Suharno, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi di toko Surya Phone Samarinda dan untuk mengetahui dan menganalisis variabel manakah dari variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi di toko Surya Phone Samarinda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa nilai R Square menunjukkan 86,80%, Ini berarti bahwa Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Asosiasi Merek (X3), Loyalitas Merek (X4), bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Toko Surya Phone Samarinda. Berdasarkan analisis parsial, diketahui bahwa Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Asosiasi Merek (X3), Loyalitas Merek (X4), memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Toko Surya Phone Samarinda (Y) karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t table.


Keywords


Kesadaran Merek;Persepsi Kualitas;Asosiasi Merek;Loyalitas Merek;Keputusan Pembelian

References


Assauri, Sofyan. 2007. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Cetakan Ketiga. Rajawali Pers. Jakarta.

Buchari, Alma. 2004. Manajemen Pemasaran Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Alfabeta, Bandung.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Lie Joko Budiman. 2001. Brand Equity Ten. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Humdiana. 2005. Analisis Elemen-Elemen Merek Produk Rokok Merek Djarum Black. Jurnal of Marketing Manajemen, Vol 12 No. 1.

Kusno Hadi, Sugiarto dkk. 2007. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta Gramedia.

Kotler, Philips dan Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.

. 2001. Milenium Marketing. Prentice HallInternasional.

. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Alih Bahasa Hendra Teguh dan Romy A Benyamin Molan. Jilid 2. Prehalindo. Jakarta.

. 2005. Eleven Edition. Marketing Management. Prentice Hall.

Olson, B. 2006. Principle of Marketing (8thed) Prentice Hall Internasional.

Rangkuti, Fredy. 2007. Riset Pemasaran. Cetakan Keenam. Penerbit Gramedia. Jakarta.

Stanton, William J. 2003. Prinsip Manajemen. Edisi Ketujuh. Terjemahan Yohanes Lamarto. Erlangga. Jakarta.

Schiffman dan Kanuk, R.L. 2002. Modern Office Management, Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Swastha DH Basu dan Irawan. 2002. Bauran Pemasaran: Konsep dan Strategi Analisa Kuantitatif. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Sugiyono. 2004. Manajemen Pemasaran Modern. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2010. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Kedelapan. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2007. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Edisi Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.3259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com