Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan PembelianEco bottleTupperware di Kota Balikpapan

Nurul Hidayah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Harga (X1) , Kualitas Produk (X2) dan Brand Image (X3) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) produk Eco Bottle Tupperware di kota Balikpapan.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y= 4.891 + 0.356X1 + 0.537X2 – 0.171X3. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung (4.942) > Ftabel (2.699) yang artinya variabel Harga (X1), Kualitas Produk (X2) dan Brand Image (X3) mempunyai pengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Di peroleh pula nilai koefisien determinasi (R2)sebesar 0.584 yang artinya variabel Harga (X1), Kualitas Produk (X2) dan Brand Image (X3) mepunyai pengaruh secara bersama-sama sebesar 58.4% terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan sisanya 41.6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunujukkan bahwa nilai korelasi parsial variabel kualitas produk (X2) sebesar 0.587 dengan nilai thitung  (7.010) > ttabel (1.984) dan signifikan sebesar 0.000. Artinya dilihat dari nilai korelasi parsia sebesar 0.587 atau 58.7% bahwa variabel Kualitas Produk (X2) menjadi faktor yang dominan mempengaruhi variabel Keputusan Pembelian (Y) Produk eco bottle Tupperware di kota Balikpapan.

 

ABSTRACT

The purpose oh this research was to determine the effect of price (X1), Quality product (X2) and brand image (X3) of the purchae decision (Y) eco bottle Tupperware Product in the city of Balikpapan.

Based on the result obtained by analysis of multipe linier regression equation is Y = 4.891 + 0.356X1 + 0.537X2 + 0.171X3. F test showed that the value of F (4.942) > F table (2.699) which means that the variabel price (X1), quality product (X2) and Brand Image (X3) has an influence on purchase decision variabel (Y). Obtained the value of the Coefficient of determination (R2) of 0.584 which means that the variable price (X1) , quality product (X2) is 0.587 with t count (7.101) > ttable (1984) and the significance of 0.000. That is seen from the partial correlation value of 0.587 or 58.7% that the Product Quality variable (X2) be the dominant factor affecting the purchase decision variable (Y) eco bottle Tupperware producs in the city of Balikpapan.

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Anwar Prabu Mangkunegara. 2012. Perilaku Konsumen . Bandung : PT. Refika Aditama

Basu Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Basu swastha dan Ibnu Sukotjo . 2002. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Keenam. Yogyakarta : Liberty

Etta mamang sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen ; Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : CV. Andi Offest

Fandy Tjiptono. 2011. Seri Manajemen Merek 01 – Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta : Andi Offest

Jusein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinisip Pemasaran. Jilid Kedua. Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid Kesatu. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Maria Dewi Ratnasari (2014) “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BlackBerry : Dipenogoro Journal Of Social and Politic. Halaman 1-6

Puspowarsito. 2008. Metode Penelitian Organisasi Dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung : Humaniora

Palmer, Adrian. 2001. Principles Of Service Marketing. Third Edition. UK : McGraw-Hill Companoes

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Victor Supriadi (2013) “Kualitas Produk, merek dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Percetakan Mitra Card di Manado†: Jurnal Emba. Vol. 1 No. 4. ISSN 230-1774. Halaman 831-840




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i2.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com