Pengaruh kinerja keuangan tehadap pertumbuhan harga saham pada sektor perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia

Resti Windaridatul Asri, F. Defung, M. Amin Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CAR, NPL, ROA terhadap Harga  Saham Pada  Sektor  Perbankan  yang terdaftar  di  Bursa  Efek  Indonesia.  Efek Indonesia periode 2010-2015. Sampel adalah 19 bank dari 43 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah metode Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Data Panel. Hasil penelitian ini menyatakan  bahwa  CAR  berpengaruh  negatif  terhadap  Pertumbuhan  Harga  Saham secara statistik tidak signifikan, NPL pun serupa terhadap Pertumbuhan Harga Saham. Disi lain ROA menujukkan berpengaruh Positif dan signifikan secara statistik terhadap Pertumbuhan Harga Saham.


Keywords


CAR; NPL; ROA; pertumbuhan harga saham

References


Agista, Aristantia Radis. 2015. Analisis Pengaruh DPK, CAR, NPF Dan ROA Terhadap Pembiayaan di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Periode

– 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Alifah, Yonira Bagiani. 2014. Pengaruh CAR, NPL, BOPO, Dan LDR Terhadap Profitabilitas Bank (ROA) Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Arifin, Ali. 2004. Membaca Saham, edisi kedua. Andi. Yogyakarta.

Aziz, Musdafilah, dkk. 2015. Manajemen investasi: Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor Dan Return Saham, cetakan 1. Deepublish. Yogyakarta.

Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto. 2016. Analisis Regresi:Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews), cetakan ke 1. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Fabozzi, Frank J. 1999. Manajemen Investasi, buku satu. Alih bahasa Tim

Penerjemah Selemba Empat. Salemba Empat. Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Dasar-Dasar Perbankan, cetakan keenam. Bumi

Aksara. Jakarta.

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi, edisi pertama, cetakan 1. Kencana. Jakarta.

Kasmir. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, edisi Revisi, cetakan 11.

RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Kodrat, David Sukardi dan Kurniawan Indonanjaya. 2010. Manajemen Investasi: Pendekatan Teknikal Dan Fundamental Untuk Anlisis Saham, cetakan pertama. Garaha Ilmu. Yogyakarta.

Kurniasih, Erma. 2016. Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan To Deposit Ratio, Efisiensi Operasi, Not Interest Margin Terhadap Return On Aset (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di Bei Tahun 2009 – 2014). Journal Of Accounting. Indonesia.

Kurnia, Indra. 2012. Analisis Pengaruh BOPO, Equity to Total Assets Ratio, Loan to Assets Ratio dan Firm Size Terhadap Kinerja Keuangan. Universitas diponegoro. Semarang.

Lestari, Saptorini Dyah dan Suwardi Bambang Hermanto. 2015. Pengaruh Capital, Asset, Earning Dan Liquidity Terhadap Perubahan Harga Saham Bank. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Noor, Henry Faizal. 2009. Investasi: Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan

Pengembangan Ekonomi Masyarakat, cetakan 1. Indeks. Jakarta.

Pangestika, Styfanda. 2015. Analisis Estimasi Model Regresi Data Panel dengan Pendekatan Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), dan Random Effect Model (REM). Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Salim, Joko. 2010. Cara Gampang Bermain Saham, cetakan 1. Visimedia.

Jakarta.

Sambora, dkk. 2014. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI periode tahun 2009-2012). Universitas Brawijaya. Malang.

Sambul, dkk. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan Perbankan Terhadap Harga Saham yang di Tawarkan di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus 10 Bank Dengan Aset Terbesar). Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Sanjaya, Made Dimas. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Universitas Diponegoro. Semarang.

Santoso, Sigit Widhi. 2012. Analisis Kinerja Intellectual Capital Terhadap Harga Saham dan Performa Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Model Pulic pada Industri Perbankan Periode 2006 - 2010. Univeritas Indonesia. Depok.

Sari, Yulimel. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Kecukupan Modal dan Likuiditas Terhadap Harga Saham (Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI). Universitas Negeri Padang. Padang.

Satria, Indra dan Iha Haryani Hatta. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham 10 Bank Terkemuka di Indonesia. Universitas Pancasila. Jakarta.

Sharpe, William F, dkk. 2006. Investments, sixth edition. Edisi Keenam. Alih bahasa Krishna Kamil. Indeks. Jakarta.

Siregar, Fahmi Affandy. 2015. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Risiko Sistematis Terhadap Harga Saham Perbankan. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sutrisno. 2012. Manajen keuangan: Teori, Konsep Dan Aplikasi, cetakan kedelapan. Ekonisia. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com