Pengaruh kualitas produk dan citra merek serta materialisme terhadap loyalitas merek pengguna laptop asus

Fahri Ramadhan, Syarifah Hudayah, Gusti Noorlitaria A

Abstract


Penelitian ini untuk Menentukan Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Merek
Loyalitas dan Materialisme terhadap pengguna produk Laptop Asus. 60 responden
sampel dalam penelitian ini dengan mendistribusikan kuesioner sebagai pengumpulan data teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kualitas produk, merek
gambar, saluran materialisme secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek pengguna produk laptop ASUS di kota Samarinda dan di antaranya variabel independen yang diteliti, menunjukkan bahwa citra merek variabel miliki pengaruh dominan terhadap loyalitas merek pengguna produk laptop ASUS di kota Samarinda

Keywords


kualitas produk; citra merek; materialisme

References


Aaker, David A. 1995, Building Strong Brands. The Free Press Publisher. New

York.

Aaker A David, 2001, Manajemen Ekuitas Merek, Alih Bahasa Mitra Utama

Jakarta.

Agus Irwanto, Fatchur Rochman, Noermijati. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas

Produk dan Strategi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, dan

Pengaruh pada Terbentuknya Word-of-mouth di Perumahan Madani

Group Jabodetabek.

Anggipora, Marisu P. 2002, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke-2 PT. Raja

grafindo persada, jakarta.

Burmann, C., Schaefer, K., and Maloney, P. 2008. Industry image: Its impact on

the Brand Image of potential employees. Journal of Brand

Management, 16(3),pp:159-176.

Buchari, Alma. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta,

Bandung.

C. Mowen, Jhon Minor, 2002. Prilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Cannon, Joseph P. 2008, Basic Marketing, Edisi ke Enam Belas, Salemba Empat

Jakarta.

David, Aryo Dewanto, Fatchur Rochman. 2014. Pengaruh Brand Image

Terhadap Perceived Service Quality, Keputusan, dan Loyalitas.

Fredy Rangkuti, 2002, The Power of Brands, Teknik Mengola Brand Equity dan

Strategi Pengembangan Merek. Jakarta Gramedia Pustaka.

Griffin, Jill, 2005, Costumer Loyality, Edisi Revisi, Erlangga, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008, Manajemen Dasar, Pengertian dan masalah, Edisi

Revisi, Bumi Aksara Jakarta.

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia , Jilid I

Edisi Kesebelas, Alih Bahasa Benyamin Molan, PT. Indeks, jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi

Dua Belas, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Gary Armstron, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid II, Edisi

Dua Belas, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium PT. Perhalindo,

Jakarta.

Muhammad Rhendria Dinawan (2010) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT

Harpindo Jaya Semarang).

Nan- Hong Lin (2007) The Effect of Brand Image and Product Knowledge on

Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of

International Manajement Studies 121-132.

Ni Nyoman Ayu Suri Tri Cahyaning Dewi, I Gusti Agung Ketut Gede Suasana

(2013) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Materialisme

terhadap Loyalitas Merek Pengguna Produk Apple Di Kota Denpasar

Podoshen, J.S., and Andrzejewski, S.A.. 2012. An Examination of the

Relationships Between Materialisme,Conspicuous Consumption,

Impulse Buying, and Brand Loyalty. Journal of Marketing Theory and

Practice, 20(3).pp:319-333.

Rahma Tiara Hakim, Christin Susilowati. 2013. Pengaruh Persepsi Ikan,

Kesadaran Merek, Citra Merek terhadap sikap pada Merek dan

Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Pestisida Merek

Sidamethrin 50 EC).

Rizky Kurniawan Murtiyanto, Fatchur Rochman,Christin Susilowati. 2013.

Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan terhadap Kepuasan dan

Loyalitas Konsumen Pada Pengembang PT Araya Bumi Megah

Malang.

Rizan, M., Basrah, S., dan Yusiyana, S. 2012. Pengaruh Citra merek dan Trust

terhadap Loyalitas merek teh Botol Sosro. Survei Konsumen Teh Botol

Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1).

Schiffman dan Kanuk. 2007. Prilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta. PT. Index

Gramedia

Staton, Wiliam J 2000, Taktik dan Strategi Pemasaran, Terjemahan DH Crulo,

Arikha Media cipta, Jakarta.

Swasta, Basu, dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Moderend, Edisi ke

Dua, Cetakan ke Dua Belas, Liberty Offset, Yogyakarta.

Sunarto, 2003, Prilaku Konsumen, Amus Yogyakarta.

Simamora, Bilson. 2003. Aura merek. PT Gramedia Pustaka. Jakarta.

Sondoh, S.L., Maznah, W.O., Nabsiah, A.W., Ishak, I., and Amran, H. 2007. The

effect of brand image on overall satisfaction and loyalty intention in the

context of color cosmetic. Asian Academy of Management Journal,

(12)1, pp: 83-107.

Suwarni. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas. Jurnal

Ekonomi Bisnis, (16)1, pp:76-84.

Tjiptono, Fandy. 2005. Total Quality Management, Edisi Revisi, Andi Yogyakarta.

Tjiptono, fandy. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia

Pustaka Utama, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i4.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com