Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan produk kosmetik wardah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan teoritis pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah pada Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh langsung dari sumber atau objek penelitian dengan wawancara (wawancara) dan kuesioner (kuesioner). Sampel ditentukan dengan pendekatan Hair, et. Al (dalam umar 2007: 37), yang menyatakan bahwa untuk penelitian populasi yang tidak diketahui dapat mengukur sampel penelitian dengan ukuran sampel yang dibutuhkan antara 15-20 kali jumlah variabel independen, yaitu jumlah variabel x 20 atau 6 (jumlah variabel independen) x 20 = 120 orang atau responden, ditentukan dengan metode Stratified Random Sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana hipotesis yang diuji adalah uji-t, uji F dan koefisien determinasi, dan sebelum itu dilakukan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima variabel independen yang diuji terhadap keputusan pembelian, semua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian
Keywords
celebrity endorser; produk kosmetik
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com