Pengaruh electronic word of mouth, lifestyle, dan brand trust terhadap keputusan pembelian

Viona Hartawan Santoso, Zainal Abidin

Abstract


Banyaknya permintaan terhadap produk kesehatan kulit wajah atau yang biasa dikenal dengan sebutan skincare, kini membuat banyak brand ternama seperti Wardah, Emina, Safi, The Ordinary, Cetaphil, Innisfree, The Body Shop, dan masih banyak brand terkenal lainnya berusaha untuk memasarkan produknya agar mendapatkan kepercayaan konsumen akan kualitas produknya yang baik bagi konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menjelaskan pengaruh Electronic Word Of Mouth, Lifestyle, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare The Ordinary Di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yaitu pengguna skin care The Ordinary Samarinda, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, data dikumpulkan dengan alat pengumpulan data kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Electronic Word Of Mouth (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Lifestyle (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dan Brand Trust (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).


Keywords


Electronic word of mouth; lifestyle; brand trust; keputusan pembelian; the ordinary

References


Almi, N. (2019). The Influence Of Lifestyle To The Purchase Decision Of Kawasaki Ninja Bikes In Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Antari, O. (2020). Strategi Viral Marketing yang Efektif untuk Memajukan Bisnis. https://www.jojonomic.com/blog/viral-marketing-2/

Antonia, W., Lutfie, H., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Electronic Word of Mouth Melalui Media Beauty

Vlog Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik La Tulipe Cosmetiques Pada Tahun 2018 the Influence of Lifestyle and Electronic Word of Mouth Through Youtube Beauty Vlog Media To La T. Journal E- Proceeding of Applied Science, 4(2), 378–387.

Arjunita, I., Lapian, S. L. H. V. J., & Lumantow, R. Y. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Tuya Manado. 9(3), 437–446.

Armstrong, G., Kotler, P., Trifts, V., & Buchwitz, L. A. (2017). Marketing an introduction (C. O’Donnell (ed.)). Pearson Education, Inc.

Etsa. (2020). Lifestyle Marketing : Meneropong Peluang Bisnis. Entrepreneurship-Business Creation, 9–12. https://binus.ac.id/malang/2020/12/lifestyle-marketing-meneropong-peluang- bisnis-melalui-pengamatan-gaya-hidup-konsumen/

Fadhila, M. R., & Tricahyono, D. (2020). Analisis Pengaruh Information Sharing Dan Consumer Knowledge Terhadap Purchase Decision Yang Dimediasi Oleh Brand Trust Pada Pengguna Smartphone Vivo Di Kota Bandung. Manajemen, 7(1), 1211–1218. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/managemen t/article/download/13662/13404

Feehily, G. (2020). What Is Brand Trust and How to Make It Work for Your Business Why is building brand trust. Wix ECommerce. https://www.wix.com/blog/ecommerce/2020/05/what-is-brand-trust

Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25

(Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25

(edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goyette I., Ricard, L., J., B., & F., M. (2010). e-WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.

Huzangi, A., & Astuti, P. B. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Kelompok Acuan, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 910–926. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.686

Kivetz, R., & Zheng, Y. (2017). The effects of promotions on hedonic versus utilitarian purchases. Journal of Consumer Psychology, 27(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.jcps.2016.05.005

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol.

E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Mongisidi, S. J., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24041

Muhamad. (2021). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Dove Di Semarang. 3(1), 159–173.

Oktaniar, F., Listyaningsih, E., & Purwanto, B. (2020). The Effect of Halal Labeling, Advertisement Creativity and Lifestyle on Purchase Decisions of Wardah Products (Case Study of Students of Universitas Malahayati). KnE Social Sciences, 2020, 692–700. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7926

Panigoro, A., Rahayu, A., & Gaffar, V. (2018). Analisis E-lifestyle dan E-Word Of Mouth terhadap Repurchase Intention Secara Online (Survei pada pelanggan produk fashion online Berrybenka di Fan Page Instagram). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 9(1). https://doi.org/10.17509/jimb.v9i1.12978

Pratiwi, D., & Rachmi, A. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks (Studi Pada Mahasiswa Prodi D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi. Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis, 6(1), 121–125.

Pratiwi, F. A., Utama, D. H., & Dirgantari, puspo dewi. (2018). Gambaran Brand Commnication Brand Trust Dan Brand Loyalty Pelanggan Kosmetik Sariayu Di Indonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 3(3), 89– 99. https://doi.org/10.17509/jbme.v3i3.14313

Riduwan, & Akdon. (2006). Rumus dan data dalam aplikasi statistika : untuk penelitian: administrasi pendidikan-bisnis-pemerintahan-sosial-kebijakan- ekonom i-hukum-manajemen-kesehatan / Riduwan dan Akdon. ALFABETA.

Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 10, 2139–2146. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.023

Situmorang, J. R. (2010). Pemasaran Viral – Viral Marketing. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 6(1), 63–75. https://doi.org/10.26593/jab.v6i1.369.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

ALFABETA, CV.

Wahyuningtyas, Y. E., & Prijati. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Dan Gaya Hidup (Lifestyle) Terhadap Keputusan Pembelian Kedai Hitz. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.

Wintang, F. P., & Pasharibu, Y. (2021). Electronic Word of Mouth, Promosi Melalui Media Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1),115–124.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSH/article/view/33320




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.12072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com