Efektivitas jarak pada tata letak (layout) fasilitas produk

Novia Rohida, Anis Rachma Utary, Ike Purnamasari

Abstract


Studi ini untuk menganalisis produk tata letak di Mega Supermarket Samarinda dilihat dari beberapa indikator berupa pengaturan pengaturan, kondisi dan penataan barang barang di rak di Supermarket Mega Samarinda yang lebih fokus pada tata letak barang di lantai satu yang mana barang barang kebutuhan pokok Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Market Basket Analysis dengan bantuan bagan hubungan aktivitas untuk pengolahan data Mega Supermarket. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data per bulan bulan September 2016 dengan menggunakan consumer shopping receipt. Hasil metode alternatif MBA yang dipilih dalam penelitian ini menyarankan perbaikan tata letak produk awal. MBA yang dihitung berdasarkan hasil melalui Support Factor, Confidence, dan Improvement Ratio hasilnya didapat lebih strategis dan mudah dilihat konsumen yang berbelanja di Mega Supermarket Samarinda. Dan dengan perhitungan Activity Relationship Chart (ARC) dapat dilihat juga tingkat kedekatan produk yang efektif yang dapat dianggap Mega self-renewal dalam tata letak yang baik.

Keywords


Tata Letak; analisis keranjang pasar (MBA); activity relationship chart (ARC)

References


Andari, S.N. dkk., “Alternatif Perbaikan Tata Letak Toko Persada Swalayan Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen dengan Metode Market Basket Analysis”, Jurnal Teknik Industri, Universitas Brawijaya, 441-453.

Apple, James M., 1990, Tataletak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi Ketiga, Terjemahan Nurhayati M.T. Mardiono, Penerbit ITB, Bandung

Ariani, Dorothea Wahyu., 2004, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas), Andi, Yogyakarta.

Gitosudarmo, Indriyo., 1999, Manajemen Operasi, Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Hadiguna, R.A. dan Setiawan, H., 2008, Tata Letak Pabrik, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Haming, Murdifin dan Nurmajamuddin., 2007, Manajemen Produksi Modern (Operasi Manufaktur dan Jasa), Edisi Kedua, Bumi Aksara, Jakarta.

Handoko, T Hani., 1993, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Heizer, Jay dan Barry Render., 2001, Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. Salemba Empat, Jakarta.

Heizer, Jay dan Barry Render., 2010, Operation Management (Manajemen Operasi), Buku 2 Edisi 9, Salemba Empat, Jakarta.

Herjanto, Eddy., 2008, Manajemen Operasi, Edisi Ketiga, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kounter, Ronny., 2007, Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Edisis Revisi. PPM. Jakarta

Kosasih, Dr. Sobarsa., 2009, Manajemen Operasi, Bagian Pertama. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Pardede, Pontas M., 2005, Manajemen Operasi dan Produksi, ANDI, Yogyakarta.

Perwitasari, Dyah Saptanti., Perbandingan Metode Ranked Positional Weight dan Kilbridge Wester Pada Permasalahan Keseimbangan Lini Lintasan Produksi berbasis Single Model, Jurnal Teknik Informatika ITB, Bandung.

Purnomo, Hari., 2004, Perencanaan dan Perancangan Fasilitas, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rahman, Muammar., 2014, “Analisis Layout Proses Produksi Spring Bed pada PT. Putra Bintan Borneo Timur”, Skripsi sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Schroeder,Roger G., 1989, Manajemen Operasi: Pegambilan keputusan dalam suatu fungsi operasi, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Utami, Christina Whidya., 2010, Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Modern Indonesia, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Wahyudi, E.S., 2010, “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi di CV. Dimas Rotan Gatak Sukoharjo”, Skripsi sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wignjosoebroto, Sritomo., 1996, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi Ketiga, Prima Printing, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.1207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com