Analisis kesadaran merek, persepsi kualitas dan asosiasi merek teradap keputusan pmbelian

Leha Duwi Sinta, Yohanes Kuleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Analisis Kesadaran Merek, Persepsi Kulitas dan Asosiasi Merek terhadap Keputusan Pembelian produk Oppo Smartphone Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas dan Asosiasi Merek sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini di lakukan pada Oppo Smartphone di Samarinda yang terdiri dari 110 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data pada menggunakan kuesioner dengan menguji Analisis Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas dan Asosiasi Merek terhadap Keputusan Pembelian. Analisis data menggunakan Program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) Statistik versi 25.  Hasil penelitian ini menunjukan Kesadaran Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, selanjunya Persespi Kualitas berengaruh positis dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Asosiasi Merek berngeparuh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Oppo Smartphone Samarinda.


Keywords


Kesadaran merek; persepsi kualitas; asosiasi merek; keputusan pembelian

References


Aaker, David A. (1996). Manajemen Ekuitas Merek. (Alih bahasa: Aris Ananda).Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Aaker, David A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek, Alih bahasa oleh Aris Finanda. Jakarta

Aaker, D. A. (2008). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari suatu Merek. Cetakan Ketiga. Mitra Utama. Jakarta.

Bernadine. (2014). Pengaruh Asosiasi Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Zara di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran 4(1).

Durianto, Darmadi; Sugiarto; dan Tony S. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Durianto, Darmadi. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar:Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto; Sugiarto; Lie Joko, Budiman. (2004). Brand Equity Ten: Strategi Memimpin pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Deby Susanti Sudarsono dan Dyah Kurniawati. (2013). Elemen Ekuitas Merek Dalam Keputusan Pembelian Laptop . Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol. 1

Dharma dan Sukaatmadja. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple. E-Jurnal Manajemen Unud 4(10): 3228-3255

Fadli dan Qomariah Inneke. (2008). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Ekuitas Merek Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang: Badan penerbit Undip Hanggadhika, Hardian. 2010. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Handphone Merek Nokia Di Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Hasan, Ali. (2009). Marketing. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media Pressindo.

Haryanto. (2010). Analisis pengaruh internet marketing terhadap pembentukan word of mouth dan brand awareness untuk memunculkan intention to buy. Jurnal Manajemen Teknologi. 9:1 Basu Swasta, 2000, Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi PerusahaanModern

Iregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana Prenada Media Group.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran . Edisi kedelapan jilid 2. Alih bahasa Domos Sihombin, M.B.A. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Amstrong, (2001). Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 EdisiKedelapan, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, edisi millennium, jilid 1. PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14 Edition.(ebook)

Kotler, P. dan K. L. Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Killa, Maklon F. (2008. Pengaruh Pembelanjaan Periklanan dan Promosi Harga Pada Ekuitas Merek. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 23, No. 4 : 416-430.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran 1. Edisi

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009). Manajemen Pemasaran (EdisiKedua Belas) Jakarta: Cetakan Ketiga, PT. Indek

Perera And Dissanayake. (2013).” The Impact Of Brand Awareness, Brand Association, And Brand Perceived Quality On Female Consumer’s Purchase Decision Of Foreign Makeup Products. (A Study On Youth Segment. International Conference on Business & Information 2013 ISBN 978-955-4563-17-9

Rangkuti, F. (2009). The Power Of Brands. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Schiffman, L. G. dan L. L. Kanuk. (2008). Consumer Behaviour (Perilaku Konsumen). 7th ed. Indeks. Jakarta.

Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior Buying, Having, and Being (9th ed.). Pearson Education Limited.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi Kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Sitoayu, L., Nuzrina, R., & Rumana, N. A. (2020). Aplikasi SPSS untuk Analisis Data Kesehatan Bonus Analisis Data dengan SEM (M. Nasrudin (ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Winadi, J. S. (2017). Hubungan word of mouth dengan brand awareness teh kotak. Jurnal EKomunikasi, (Onlie), 5 (1).

Yaseen, Nazia; Mariam Tahira dan Amir Gulzar. (2011). “Impact of Brand Awareness, Perceived Quality and Customer Loyalty on Brand Profitability and Purchase Intention”: A Resellers’ View. ijcrb.webs.com Interdusciplinary Journal Of Contemporary Research In Bisniess Copy Right© 2011 Institute of Interdisciplinary Business Research 833 December 2011 VOL 3, NO 8




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.11898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com