Pengaruh iklan dan celebrity endorser terhadap minat beli konsumen

Aliyya Nur Rissya, Rio Haribowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan celebrity endorser terhadap minat beli konsumen pada e-commerce blibli.com. jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan alat analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang dibagikan ke 65 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Mulawarman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Sedangkan celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli konsumen. 


Keywords


Iklan; celebrity endorser; minat beli konsumen

References


Erdogan, B. ., Baker, M. ., & Tagg, S. (2001). Selecting Celebrity Endorsers:The Practitioner’s Perspective. Journal of Advertising Research, 41(3), 39–48.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., & Joseph, F. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.).

Jamil, R. A., & Hassan, S. R. ul. (2014). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase intention for existing products: a comparative study. Journal of Management Info, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.31580/jmi.v4i1.18

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition (14th ed.). pearson prentice hall.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management (14th ed.). pearson prentice hall.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). A Framework for Marketing Management (6th, globa ed.). pearson.

Manorek, S. (2016). The Influence of Brand Image, Advertising,perceived Price Toward Consumer Purchase Intention at Samsung Smartphone. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 661–670.

Martins, J., Costa, C., Oliveira, T., Gonçalves, R., & Branco, F. (2019). How smartphone advertising influences consumers' purchase intention. Journal of Business Research, 94, 378-387.

Osei-Frimpong, K., Donkor, G., & Owusu-Frimpong, N. (2019). The impact of celebrity endorsement on consumer purchase intention: An emerging market perspective. Journal of marketing theory and practice, 27(1), 103-121.

Savitri, N. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(8), 253221.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. . (2004). Consumer Behavior (8th ed.). Pearson Prentice Hall.

Setiawaty, N. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(1), 96601.

Shimp, T. A. (2007). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu) (Jilid 1. E). Erlangga.

Shimp, T. A. (2010). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion (8th ed.). Nelson Education.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Graha Ilmu.

Wibisono, Y. H. (2012). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian dengan Perilaku Niat Sebagai Variabel Intervening Pada Situs Kaskus. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(5), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.11851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com