Analisis sistem antrian guna meningkatkan efisiensi pelayanan di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten penajam paser utara

Muhammad Risdian Avif, Hairul Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah server yang efisien dan kinerja waktu pelayanan yang lebih optimal. Teknik pengumpulan data menggunakan tahapan wawancara dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah perhitungan analisis antrian tingkat kegunaan pelayanan (p) dan model B:M/M/S (Multiple-Server Queuing Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis tingkat kegunaan pelayanan, dengan melakukan perpindahan jumlah petugas layanan di loket 1 dan 2 Bidang Dafduk dari 4 orang menjadi 6 orang kemudian loket 4 dan 5 Bidang Capil dari 3 orang menjadi hanya 1 orang, maka dapat mereduksi persentase permasalahan di loket pelayanan menjadi sebesar 60% dari 95% persentase awal. Sedangkan untuk analisis tingkat pelayanan, maka didapatkan waktu terbaik rata – rata proses pelayanan adalah 18 menit yang menghasilkan persentase masalah berkurang menjadi 45%. Sementara dengan mempercepat rata – rata waktu proses pelayanan dari 20 menit menjadi 15 menit justru akan menambah persentase permasalahan menjadi sebesar 67,5%.


Keywords


Sistem antrian; tingkat kegunaan fasilitas pelayanan; efisiensi

References


Artiguna, P. P., Sugito, & Hoyyi, A. (2014). Analisis Sistem Antrian Pada Layanan Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Jurnal Gaussian, 3(4), 801–810.

Astrelita, F. P., Sugito, & Wuryandari, T. (2015). Analisis Antrian Pengunjung dan Kinerja Sistem Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jurnal Gaussian, 4(4), 837–844.

Hasan, I. (2011). Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System). Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(1), 151–158.

Heizer, J., Render, B., & Munshon, C. (2017). Operatons Management: Sustainability and Supply Chain Managemen, 12th Edition. New Jersey: Pearson.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Methode). Kuningan: Hidayatul Quran.

Hidayat, R., & Agustina, D. (2016). Analisis Sistem Antrian Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Layanan Pada Loket Pelayanan Pospay di Kantor Pos Indonesia Jalan Jendral Sudirman Batam Center. Jurnal Program Studi Teknik Industri, 97–105.

Irawan, H. T., Pamungkas, I., & Muzakir. (2018). Penerapan Model Antrian Pada Apotek Puskesmas Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Optimalisasi, 4(1), 54–61.

Juriah, S. (2019). Analisis Metode Antrian Pasien Peserta Bpjs Pada Puskesmas Di Wilayah Kota Bekasi Selatan (Studi Kasus: UPTD Puskesmas Pekayon Jaya). Journal of Applied Business and Economic, 5(3), 192–201.

Krisdiarto, A. W. (2017). Riset Operasi. Yogyakarta: Instiper Yogyakarta.

Manalu, C., & Palandeng, I. (2019). Analisis Sistem Antrian Sepeda Motor Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) 74.951.02 Malalayang. Jurnal EMBA, 7(1), 551–560.

Mayangsari, Y., & Prastiwi, E. H. (2016). Sistem Antrian Teller Bank Mandiri Sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Kecepatan Transaksi. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 49–60.

Mukhlizar. (2016). Simulasi Sistem Antrian pada SPBU 14.236.100 Menggunakan Promodel. Jurnal Optimalisasi, 2(3), 269–280.

Sinaga, R., & Sari, D. (2015). Analisis Sistem Antrian Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandung: Studi Pada Loket Pelayanan Pencatatan Dan Penerbitan Akta Kelahiran Bayi Berumur 0-60 Hari.

Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, 19(2), 133–144.

Siswoyo, S. D., & Sistarani, M. (2020). Manajemen Teknik (Untuk Praktisi dan Mahasiswa Teknik). Edisi 1. Yogyakarta: CV Budi Utama

Umar, H. (2003). Business An Introduction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yustiti, M., Sugito, & Rusgiyono, A. (2014). Analisis Sistem Antrian Pelayanan Tiket Kereta Api Stasiun Tawang Semarang. Jurnal Gaussian, 3(4), 761–770.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.11694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com