Pengaruh social media marketing instagram terhadap loyalitas pelanggan

Kristanto Darmawan, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Loyalitas Pelanggan Kopiria dibawah bimbingan ibu Rahmawati. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh social media Instagram yang terdiri dari advantageous campaign, relevant content, frequently update content, popular content, dan various platform and application terhadap loyalitas pelanggan Kopiria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif mempergunakan analisis regresi linier berganda, dengan sampel pelanggan Kopiria yang mem-follow Instagram Kopiria sebanyak 140 responden. Jenis data dalam penelitian berupa data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel advantageous campaign, relevant content, dan popular content berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan variabel frequently update content dan various platform and application tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Besarnya pengaruh social media marketing Instagram terhadap loyalitas pelanggan Kopiria yaitu sebesar 63%; sedangkan sisanya sebesar 37% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


Social media marketing; loyalitas pelanggan; instagram; kopiria

References


Anggita. (2017). Media Sosial Paling Banyak Digunakan 2016 oleh Anggita Halaman 1 - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/anggit28/586f082cd07a61750511493c/media-sosial-paling-banyak-digunakan-2016

Anggraeni, R., Djuwita, D., Syekh, I., Cirebon, N., Sebagai, T., Mediasi, V., Riset, J., & Jrmb, B. (2019). Analisis Pemanfaatan Social Media Marketing Terhadap Customer Loyalty Yang Menggunakan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 445–455.

Camilleri, M. A. (2018). Integrated Marketing Communications. 85–103. https://doi.org/10.1007/978-3-319-49849-2_5

Digital 2021 - We Are Social UK. (n.d.). Retrieved March 27, 2022, from https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-uk/

Erdoğmuş, İ. E., & Çiçek, M. (2012). The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 58(September 2014), 1353–1360. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1119

Ferdinand, A. (2014a). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Desrtasi Ilmu Manajemen (1st ed.). Universitas Diponegoro Press.

Ferdinand, A. (2014b). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data; Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Andi.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Ed. 7). Badan Penerbit Undip.

Hajli, N. (2015). Handbook of Research on Integrating Social Media into Strategic Marketing. Handbook of Research on Integrating Social Media into Strategic Marketing, 12(January), 1–438. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-8353-2

Hasan, A. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan / Ali Hasan (Cet. 1). CAPS.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya, 1, 1–19. https://doi.org/10.1023/A:1023202519395

Ingemansson, V., Nilsson, I., & Vllasalija, D. (2015). Brand Loyalty: An exploratory Research on the Relationship between Low Product Involvement and Brand Loyalty. 60. http://lnu.diva-portal.org/smash/get/diva2:843071/FULLTEXT01.pdf

Irwanti, S. (2017). Warung Kopi dan Gaya Hidup Modern. Jurnal Al-Khitabah, III(1), 33–47.

Jatmiko. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI MEMPERLUAS PASAR - Universitas Esa Unggul. https://www.esaunggul.ac.id/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/

Kwan Soo Shin, S., Amenuvor, F. E., Basilisco, R., & Owusu-Antwi, K. (2019). Brand Trust and Brand Loyalty: A Moderation and Mediation Perspective. Current Journal of Applied Science and Technology, November, 1–17. https://doi.org/10.9734/cjast/2019/v38i430376

Mustori, M. (2012). Pengantar Metode Penelitian (Vol. 2, Issue January 2012).

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2012). Consumer Behavior Marketing.

Pratita, B. W. A., Heri Pratikto, & Sutrisno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 497–503.

Puteri, H. E. (2020). Menentukan Populasi dan Sampel. April, 1–6. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28776.01285

Setiadi, D., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2018). Analisis Faktor Advantageous Campaign , Relevant Content , Popular Content , Frequently Update Content , Various Platform And Application Terhadap Brand Loyalty Pada Bonolo.id. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(12), 7357–7366.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

VukasoviÄ, T. (2013). Journal of Media and Communication Studies Building successful brand by using social networking media. Journal of Media and Communication Studies, 5(6), 56–63. https://doi.org/10.5897/JMCS2013.

WARUNG KOPI DAN GAYA HIDUP MODERN | Jurnal Al-Khitabah. (n.d.). Retrieved March 27, 2022, from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2920




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.11608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com