Kinerja reksa dana schroder dana prestasi plus periode 2010-2014

Mochamad Ridwan, Ardi Paminto, Ike Purnamasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganaliis kinerja reksa dana Schroder dana Prestasi Plus menggunakan metode Sharpe dan Treynor. Reksa dana Schroder dana Prestasi Plus dinilai optimal jika lebih tinggi dari kinerja IHSG. Penelitian ini juga menganalisis metode mana yang merupakan metode terbaik dalam menilai kinerja reksa dana. Evaluasi kinerja menggunakan data historis lima tahun terakhir yaitu data selama periode Januari 2010- Desember 2014 dengan menggunakan dua metode evaluasi yaitu Metode Sharpe dan Treynor. Hasil penelitian menunjuukan bahwa kinerja reksa dana Schroder dana Prestasi Plus yang dijadikan objek penelitian ini (1) analisis menggunakan metode Sharpe tidak lebih baik dibandingkan portofolio pembandingnya yaitu IHSG, (2) analisis menggunakan metode Treynor tidak lebih baik dibandingkan portofolio pembandingnya yaitu IHSG, (3) analisis menggunakan metode Sharpe dan Treynor menghasilkan nilai Treynor yang lebih baik daripada menggunakan Sharpe. Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa reksa dana Schroder dana Prestasi Plus tidak dalam kinerja yang baik dan Manager Investasi disarankan untuk menilai kinerja reksa dana menggunakan metode Treynor karena memiliki nilai yang lebih baik daripada Sharpe.


Keywords


Kinerja reksa dana saham; metode sharpe; metode treynor; portofolio optimal

References


Barus, Gratia Atanka. 2013. “Analisis Pengukuran Kinerja Reksa Dana Dengan Metode Sharpe dan Metode Treynor” Program Studi Manajemen, Universitas Diponegoro.

Budiyanto, Albert. 2006. “Analisis Kinerja Investasi Reksa Dana PT. Sinarmas Sekuritas Dengan Metode Indeks Treynor, Jensen dan Sharpe”. Jurnal ESENSI, Vol 9 Halaman 1-19.

Cahyono, Jaka. 2002. “Cara Jitu Meraih Untung dari Reksa Dana”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Darmawi, Herman. 2006. “Pasar Financial dan Lembaga-Lembaga Financial”. Jakarta: Bumi Aksara

Hadi, Nor. 2003. “Pasar Modal: Acuan Teoretis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal”. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hidayat, Taufik. 2010. “Buku Pintar Investasi Reksa Dana, Saham, Opsi Saham, Valas, & Emas”. Jakarta: Mediakita

Juwita, 2014. “Analisis Kinerja Reksa Dana Saham Dan Kinerja Reksa Dana Terproteksi”. Jurnal Manajemen, Halaman 1-7.

Manurung, Alder Haymans. 2002. “Lima Bintang untuk Agen Penjual Reksa Dana”. Jakarta: Ghalia Indonesia

Manurung, Alder Haymans. 2007. “Reksa Dana Investasiku”. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Noor, Henry Faizal. 2009. “Investasi: Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat”. Jakarta: Malta Pritindo

Pratomo, Eko Priyo., dan Ubaidillah Nugraha. 2009. “REKSA DANA Solusi Perencanaan Investasi di Era Modern”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Pujiarti, Trisiwi. 2011. “Analisis Kinerja Reksa Dana Saham Dengan Menggunakan Metode Sharpe Dan Jensen Untuk Periode 2005 – 2009” Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol II Halaman 97-107.

Rahardi, Aditya Nugroho. 2013. “Analisis Komparasi Pengukuran Kinerja Reksa Dana Menggunakan Metode Sharpe, Treynor dan M2” Skripsi dipublikasikan Program Studi Manajemen, Universitas Diponegoro.

Sadikin, Ali. 2012. “Analisis Kinerja Reksa Dana Pasar Uang Untuk Melihat Konsistensi Model Pengukuran Reksa Dana Melali Model Sharpe, Treynor dan Jensen” Jurnal Spread, Vol. 2 Halaman 1-10.

Santosa, Magdalena. 2012. “Penilaian Kinerja Produk Reksa Dana Dengan Menggunakan Metode Perhitungan Jensen Alpha, Sharpe Ratio, Tretnor Ratio, M2, dan Information Ratio” Jurnal Manajemen, Vol.12 Halaman 63-76.

Simforianus. 2008. “Analisis Kinerja Produk Reksa Dana Saham Dengan Menggunakan Metode Raw Return, Sharpe, Treynor, Jensen, dan Sortino”. Journal of Applied Finance and Accounting, Vol. 1 Halaman 195-226.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Suketi, Niken Asli. 2011. “Analisis Perbandingan Return Reksa Dana Dengan Return Benchmark-nya Berdasarkan Metode Sharpe, Treynor, Jensen dan M2” Skripsi dipublikasikan Program Studi Manajemen, Universitas Diponegoro.

Sulistyorini, Agustin. 2009. “Analisis Kinerja Portofolio Saham Dengan Metode Sharpe, Treynor Dan Jensen (Saham LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003 Sampai 2007)” Tesis dipublikasikan Program Studi Magister Manajemen, Universitas Diponegoro.

Tandelilin, Prof. Dr. Eduardus. 2010. “Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi Edisi Pertama”. Penerbit Kanisius: Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sunarsih, Uun. 2015. “Analysis of the Performance of Islamic Mutual Funds in Indonesia by using Sharpe, Treynor and Jensen the Period 2010- 2012” Research Journal of Finance and Accounting, Vol 6 Halaman 125-134.

William F. Sharpe, Gordon J. Alexader, Jeffery V. Bailey. 2005. “Investasi Jilid 1”. Jakarta: Index




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v1i1.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com