Pengaruh kualitas produk, dan promosi, terhadap minat beli kopi ngegass Samarinda

Febriani Ayu, Suharno Suharno

Abstract


Manajemen pemasaran merupakan suatu disiplin ilmu yang memiliki arti penting dalam dunia usaha, oleh karena itu semakin majunya teknologi dalam berbagai bidang ilmu, menuntut setiap orang atau lembaga perusahaan dan bisnis untuk selalu berkompetisi dalam pemasaran global. Semakin berkembangnya zaman dan kebutuhan akan komunikasi yang semakin meningkat membuat iklim usaha dalam dunia industri Kopi pun semakin menantang. Kopi Ngegasss adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam sektor Kopi yang salah satu produksinya adalah Kopi Ngegasss yang bertempat di Samarinda juga tidak terlepas dari persaingan yang semakin tajam karena banyaknya perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk sejenis. Penelitian ini menggunakan teori kualitas produk dan promosi dan minat beli. metode penelitian Variabel dalam penelitian ini adalah variabel kualitas produk, variabel promosi dan variabel keputusan pembelian yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Data yang digunakan Pada penelitian ini digunakan sampel sebanyak 100. Pengambilan sampel dilakukan dengan memilih responden agar dapat representative mewakili penelitian dengan menggunakan accidental sampling dengan Kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian menunjukkan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Minat pembelian. Dan pada penelitian menunjukkan Promosi berpengaruh terhadap Minat Beli


Keywords


Kualitas produk; promosi; minat pembelian; manajemen pemasaran; skala likert

References


Arikunto, S.S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Djarwanto PS. (2019). Statistik Non Parametrik. BPFE-UGM Yogyakarta: Yogyakarta

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. BP Universitas Diponegoro.

Gani, I dan Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta : ANDI.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, 8th ed. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati, D. 2016. Ekonomimetrika Dasar. Jakarta : Erlangga

Indriantoro, N dan Supomo, B. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offset.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip, & Amstrong, P. (2011). Marketing an Introduction (10th Editi).

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education Limited.

Misbahuddin, I.H. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik (Edisi-2). Jakarta : Bumi Aksara.

Mohd, R. S., Suhardi, W. M., Anita, A. H., Maznah, W. O., & Etty, H. H. (2013). The relationship between product quality and purchase intention: The case of Malaysias national motorcycle/scooter manufacturer. African Journal of Business Management, 5(20), 8163–8176. https://doi.org/10.5897/ajbm11.267

Riduwan dan Achmad, E. Kuncoro. (2015). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta

Salisbury, W. D., Pearson, R. A., Pearson, A. W., & Miller, D. W. (2014). Perceived security and World Wide Web purchase intention. Industrial Management & Data Systems, 101(4), 165–177. https://doi.org/10.1108/02635570110390071

Santoso, S. (2010). Statistik Multivariat: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Saputro, R.M. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Grand Paronama Resto Semarang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2016. Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 7th Edition. New Jersey: Wiley

Simamora, B. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. PT GRamedia Pustaka Utama.

Sinambow, S dan Trang, I. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, Vol 3. No 3. hal 300-311

Singh, M. (2013). Product Quality for Competitive Advantage In Marketing. International Journal of Business and Management Invention, 2(6)(05–08).

Sipayung, M. L., & Sinaga, A. H. (2017). Marketing Mix Effect and Quality Product Purchase Decision on Rice Pandaraman in South Tapanuli Region. IOSR Journal of Business and Management, 19(3)(85–89). https://doi.org/https://doi.org/10.9790/487x-1903028589

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2013). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta : Erlangga.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction (3rd ed.). Andi.

Vilgon, M. (2013). Relating customer satisfaction to customer profitability: an empirical analysis of the association between attitudes and behaviour. Global Journal of Social Sciences, 12(1–61), 49–61.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.10969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com