Pengaruh website quality dan mobile payment serta kemudahan penggunaan terhadap keputusan konsumen

Riya Septi Habibah, Muhammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Website Quality dan Mobile Payment serta Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Konsumen menggunakan Aplikasi OVO di Kota Samrinda. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 80 responden. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, sumber data berupa data primer dan sekunder. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan Website Quality dan Kemudahan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Konsumen. Mobile Payment tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen.

Keywords


Website quality; mobile payment; kemudahan penggunaan; keputusan konsumen

References


Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amanullah. (2014). Pengaruh Persepsi manfaat, Kemudahan penggunaan, Dan Kepercayaan terhadap Sikap Positif Penggunaan Layanan Mobile Banking (Survey Pada Nasabah Bank BCA Semarang). Universitas Diponegoro.

Anderson, EW dan Sullivan, MW. (2010). The antecedents and consequences of customer satisfaction for firms. Marketing Science, 12 (2), 125–143.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Erdini, N dan Susilo, WH. (2015). Pengaruh Kualitas dan Promosi Website Terhadap Sikap User Serta Implikasinya Kepada Keputusan Penggunaan Website Portal (Studi Kasus Website Portal Useetv.Com). Jurnal MIX, V (3), 452–465.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Universitas Diponegoro.

Handoko dan Dharmmesta. (1982). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: B PFE.

Hasibuan. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jogiyanto. (2007). Sistem Teknologi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Karnouskos, S. (2004). Mobile payment: A journey through existing procedures and standardization initiatives. https://doi.org/10.1109/COMST.2004.5342298

Kim, C, Mirusmonov, M., dan Lee, I. (2010). Computers in Human Behavior An empirical examination of factors influencing the intention to use mobile payment. Computers in Human Behavior, 26 (3), 10–12.

Kotler, P dan Keller, K. (2011). Manajemen Pemasaran (15th ed.). Jakarta: Indeks.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2014). Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Pretiece Hall (12th ed). England: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Latief, F. dan Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612

Liang, T dan Wei, C. (2014). International Journal of Electronic Commerce Introduction to the Special Issue: Mobile Commerce Applications. International Journal of Electronic Commerce.

Liu, J, Kauffman, R J, dan Ma, D. (2015). Competition, cooperation, and regulation: Understanding the evolution of the mobile payments technology ecosystem. Electronic Commerce Research and Applications, 14 (5), 372–391. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2015.03.003

Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Nabila, LD dan Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Dompet Digital Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minuman (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8 (3).

Novianti, A dan Wibisono, M. (2020). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce Dan Penggunaan E-Payment Terhadap Nilai Bisnis. 12 (2), 120–141. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.23579

Nugroho, P, Winarno, WW, dan Hartanto, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Mobile payment Dengan Pendekatan Extended The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Departemen Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM, 226–233.

Olsina, L, D Godoy, G, J, Lafuente, dan G, R. (2008). Specifying Quality Characteristics And Attributes For Website. www.gidis.ing.un/pam.eduar/downloads/pdfs/olsina_web-e.pdf

Parasuraman, A, Zeithaml, V, A, dan Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL: A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, 7, 1–21.

Paul, R., dan Suri, G. (2013). Impact of Website Quality on Loyalty and Prospensity to Propagate an Empirical Study in India. ,” International Journal of Applied Services Marketing Perspectives, 2(4), 672–677.

Putritama, A. (2019). Tujuan Penggunaan Berkelanjutan Fintech Pembayaran Seluler di Niat Penggunaan Berkelanjutan dari Pembayaran Seluler Fintech di Indonesia. 15(2), 243–258.

Roscoe, JT. (1975). Fundamental research statistics for the behavioural sciences. (2nd ed.). Holt Rinehart & Winston.

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEK KOM, 14 (1), 1 14.

Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Scihierz, P, G, Schilke, O, dan Wirtz, B. W. (2010). Electronic Cpmmerce Research and Applications Understanding consumer acceptance of mobile payment services: An empirical analysis. Electronic Commerce Research and Application, 9, 209–216.

Sekaran, U. (2013). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salembaempat.

Simarmata, J. (2006). Aplikasi Mobile Commerce menggunakan PHP dan MySQL (1st ed.). Yogyakarta: Andi.

Sitinjak, T J dan Sugiarto. (2006). LISREL. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Stanton, W J. (2012). Prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tai, PT dan Liu, GS. (2015). An Analysis of Factors Affecting the Intention to Use Mobile Payment Services in Vietnam. 10–12.

Tellez, J. dan Zeadally, S. (2017). Mobile Payment System: Secure Network Architectures and Protocols. Basel: Springer.

Thamizhvanan, A dan MJ, Xavier. (2012). Determinants of customers’ online purchase intention: an empirical study in India. Journal Of Indian Business. Emeraldinsight.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

UU No. 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Vankatesh dan Davis, FD. (2000). A Theoretical Extension of the echnology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46 (2), 186–504.

Wan, H A. (2000). Opportunities to Enhance a Commercial Website, Information & Management. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(00)00048-3

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7 (1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567

Xu, G dan Zealand, N. (2006). An Exploratory Study of Killer Applications and Critical Success Factors in M-Commerce. 63–79.

Yang, S, Lu, Y, Gupta, S, Cao, Y dan Zhang, R. (2012). Computers in Human Behavior Mobile Payment services adoption across time: An empirical study of the effects of behavioral beliefs, social influences, and personal traits. Computers in Human Behavior, 28, 129–142.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.10962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com