Pengaruh green product, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk eco racing

Vicky Indra Wahyu, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green product, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah green product,harga dan promosi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada penguna eco racing di Samarinda yang terdiri dari 75 responden dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan kuesioner tertutup, responden hanya memilih jawaban dari opsi yang telah ditentukan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda melalui software SPSS versi 23. Hasil penelitian menyatakan bahwa variable green product, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Green product; harga; promosi; keputusan pembelian

References


Achrol, R. S., & Kotler, P. (2012). Frontiers of the marketing paradigm in the third millennium. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(1), 35–52. https://doi.org/10.1007/s11747-011-0255-4

Ahmad, F., Lapian, J., Soegoto, A. S., Sam, U., & Manado, R. (2016). Analisis Green Prod & Green Market Strategy thd Keputusan Pembelian Body Shop. Emba, 4(1), 33–44.

Aji, N. S., Djawahir, A. H., & Rofiq, A. (2019). the Influence of Products and Promotions on Purchasing Decisions Mediated in Purchase Motivation. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(1), 152–161. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.01.17

Anshari, D. H. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di pajak usu (pajus) medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3).

Beni, M., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2019). The Effect of Prices and Promotions on Purchase Decisions on Cement at PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk. International Journal of Management and Humanities, 3(12), 7–13. https://doi.org/10.35940/ijmh.l0317.0831219

Devina, B., & Rokhyadi, A. (2019). The Influence of Promotion and Service Quality on The Decision to Use Leasing Services Mediated by Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen, 11(1), 56–64. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Dianti, N. R., & Paramita, E. L. (2021). Green Product dan Keputusan Pembelian Konsumen Muda Green Product and Young Consumers ’ Purchasing Decisions. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis Volume 12, Nomor 1, Januari 2021, 12(28), 130–142. https://doi.org/10.33059/jseb.

Ferdinand, A. (2014a). metode penelitian manajemen : pedoman penelitian untuk penulisan skripsitesis dan Disertasi ilmu manajemen (kelima). (5th ed.). universitas Diponegoro.

Ferdinand, A. (2014b). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan disertai Ilmu Manajemen. In Semarang: Universitas Diponegoro (p. 388).

Habibah, U., & Sumiati. (2016). The Influence Of Brand Awareness And Brand Image On Purchase Decision (Study On AQUA Consumers in Administrative Science Faculty Brawijaya University Class Of 2013). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–8.

Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 04(1), 43–51.

Lidya, V., & Pasaribu, D. (2018). ANALISIS PENGARUH PROMOSI,KUALITAS PRODUK DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND AND BODY LOTION MEREK CITRA (Studi Kasus Carrefour Pamulang, Tangerang Selatan). 1(4), 77.

Makatumpias, D., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan the Effect of Green Product and Brand Image on the Purchase Decision. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, 6(4), 4063–4072.

Purwanti, R. S., Setiawan, I., Ekonomi, F., Galuh, U., Pengaruh, B., Advertising, G., & Determinasi, K. (2020). Pengaruh Green Product Dan Green Advertising. 2(September), 130–140.

Putra, E. (2019). the Influence of Promotion and Brand Image Toward Purchase Decision of Honda Vario. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(1), 121–130. https://doi.org/10.31846/jae.v7i1.205

Ridwan, M., Fauzi D, H, A., & Bafadhal, A. S. (2018). Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013 / 2014 dan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Merek ADES ). Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 80–90.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal Stie Semarang, 8(2), 92–121.

Rizal, F., Adam, M., & Ibrahim, M. (2017). Effect of Price , Design and Location on Decision of Purchase and Its Implication on Customer Satisfaction. International Journal of Economics, Commerce and Management, V(12), 345–353.

Safitri, I. (2018). The Influence of Product Price on Consumers ’ Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 7(2), 328–337.

Samosir, C. B. H., & Prayoga, A. B. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.22441/jimb.v1i3.570

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Sunarti, E. G. P. E. Y. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mnineral Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 214–221.

Syafrina, I. (2016). Pengaruh Green Product ( Tissue Tessa ) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Wilayah Kabupaten Bandung Dan Kota Bandung Tahun 2016). Jurusan D3 Manajemen Pemasaran, Universitas Telkom, 2(2), 430. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Trang, I., & Manampiring, A. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt. Astra International Tbk Malalayang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 472–483.

Tulanggow, S. G., Tumbel, T. M., Walangitan, O., Administrasi, J. I., Studi, P., & Bisnis, A. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT . Shopee International Indonesia Di Kota Manado. 9(3), 35–43.

Widodo, A. S., & Wardani, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cendo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 62. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4496




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.10823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com