Pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UMKM

Desi Ulan Dari, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Ampang di Samarinda. (2) Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Ampang di Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian adalah peserta UMKM Ampang Samarida. Metode Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling Sensus dengan 130 responden. Data kuesioner yang dikumpulkan telah diuji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi uji-t lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan; (2) Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikan uji-t lebih kecil dari tingkat signifikansi yang di tentukan.


Keywords


Inovasi produk; orientasi pasar; kinerja karyawan

References


Adelina Agnes Lapian, James Massie, Imelda Ogi. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA, Vol 4, No.1, Maret. Hal. 1330 1339. ISSN : 2303-1174

Akman, G. dan Yilmaz, C. 2008. Innovative Capability, Innovation Strategi And Market Orientation: An Empirical Analysis In Turkish Software Industry. International Jurna of Innovation Management, 12(1) : 69-111.

Andoyo, Rohmad. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Baju Batik di Pasar Klewer Solo. Skripsi.

Universitas Negeri Semarang

Anjas, Felady. 2009. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Karakteristik Produk Terhadap Kinerja Pemasaran”. Jurnal Ekonomi Universitas Katolik Soegijipranata Vol. 1 No. 1

Arief Nasution, Aulia. 2014. “ Analisis Kinerja Pemasaran PT ALFA SCORPII Medan”. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol. 14 No. 1

Arifin, Zainal. 2008. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran”.Skripsi. Semarang:Universitas Negeri Semarang

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta

Bakti, Sukma dan Harun, Harniza. 2011. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 3. No. 1.

Cahyo, R.J., dan Harjanti, D. 2013. “Analisa Inovasi Produk Pada Sektor Usaha Formal dan Informal di Jawa Timur”. Jurnal AGORA, 1(3): 1-5

Chia Chang, Shih. 2004. “A Conceptual Framework of The Capabilities Of Knowledge Application and Innovation Capabilities ”. Journal Of Marketing P : 1-15

Day, G. S., and Wensley, R, 2010. Assessing advantage: A framework for diagnosing competitive superiority, Journal of Marketing, 52, pp. 1-20.

Djojoba, C.V., dan Tawas, H.N. 2014. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado”. Jurnal EMBA, 2(3) 1214-1224

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BPFE Undip

Hartini, 2010. Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya Jl. Airlangga, Surabaya 60286

Homburg, C., Grocdanovic, M. and Klarmann, M. 2007. “Responsiveness to Customer and Competitors: Role of Affective and CognitiveOrganizationa System”. Journal Marketing. Vol. 71 No.3.pp 18-38

Hubeis, 2012. “Manajemen kreativitas dalam pengembangan daya saing organisasi”. Hal :75

Hurley and G. Thomas, Hult., 2013. Innovation, Market Orientation, and Organization Learning : An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing. Vol 62 Juli 1998. Pp 42-54

Idar, R. dan R Mahmood. 2011. Entrepreuneurial and Marketing Orientation Relationship To Performance: The SME Perspective. Interdisciplinary Review Of Economics and Management 2(2011): 1-8

Indriastuti, Herning. 2015. “ Membangun Kapabilitas Pengindraan Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Produk Modikatif Terhadap Kinerja Pemasaran”. Jurnal Management Dynamics Conference, Universitas Mulawarman

Jaworski, B.J., dan Kohli, A. K. 2010. Market Orientation : Antecendents and consequences, Journal of Marketing

Kevin, Ferry Jie, 2013. Investigating The Impact of Innovation on Customer Loyalty in Mobile Telephony in Greece. The TQM Journal, Vol.22 Iss: 3 pp.330-343

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid

Jakarta:Erlangga

Lupyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik,

Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Mas’ud, Fuad. 2004. Survai Diagnosis Organisasional Konsep & Aplikasi.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mulyani, Ida Tri. 2015. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi Sebagai Intervening (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Narver dan Slater, 2007. The effect of Market Orientation on Product Innovation”.

Journal of Marketing

Paul N, Bloom dan Louise N, Boone. 2006. Strategi Pemasaran Produk: 18Langkah Membangun jaring Pemasaran Produk Yang Kokoh.

Jakarta:Prestasi Pustakarya.

Permadi, MF. 2011. Pengembangan Konsep Kinerja Pasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 13. No. 3.

Pertiwi, Yunita Dwi dan Siswoyo, Bambang Banu. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kripik Buah di Kota Batu”. Syariah Paper Accounting FEB UMS, 3, h: 231-238

Pramesti, N. M V., dan Giantari, I. G. A. K.2016. Peran Orientasi Pasar Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek. E-Jurnal Manajemen Unud. 5(9): 5754-5782

Sampurno. 2010. Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Suendro, Ginanjar. 2010. “Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus Pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan)”. Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang

Soehadi. W.A. 2012. A Value Creation Approach. Prasetya Mulya Publishing.

Jakarta Selatan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta

Sukarno,Gendut. 2009. “Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM melalui peran lingkungan, inovasi produk, dan kreatifitas strategi pemasaran”. Jurnal Ekonomi. Vol 15. No. 03.

Susanto, A. 2013. Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Tulis Karangmlati Demak. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2007. Manajemen Pemasaran AnalisaPerilaku Konsumen. Jakarta : Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi Offset

Triton PB. 2008. Marketing Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar dan DayaSaing.

Yogyakarta : Tugu Publisher

Usmara, Usi. 2011. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta : Amara Books

Wahyono. 2010. “Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap KinerjaPemasaran (Studi Kasus Pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara)”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. I No. 1 Hal : 23-40.

Wilkinson, I.F. 2009. “When do Managers think their firm is market oriented?”.

Proceedings of ANZMAC 2009 Conference: Broadening the Boundaries, University of Western Australia, Fremantle, 5-7 December.

Wulandari, A. 2012. “Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran”. Management Analysis Journal, 1(2): 18-21

Yuliana, Eka. 2009. “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaranpada Industri Kecil Monel di Kabupaten Jepara Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening ”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.10665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com