Pengaruh potongan harga dan iklan serta store atmosphere terhadap keputusan pembelian

Hariyadi Hariyadi, Syarifah Hudayah

Abstract


Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga, iklan, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Warunk Upnormal Kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Warunk Upnormal di Kota Samarinda dengan sampel ditentukan sebanyak 115 respondent. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hipotesis diuji dengan t test dan F test. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) potongan harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di Warunk Upnormal Kota Samarinda. (2) iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Warunk Upnormal Kota Samarinda. (3) store atmosphere tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di Warunk Upnormal Kota Samarinda.


Keywords


Potongan harga; iklan; store atmosphere; keputusan pembelian

References


Akbar, Adam. 2011. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Survey Pengunjung Dealer Tunas Toyota Surabaya). Universitas Airlangga, Jurnal Manajemen dan akuntansi,Volume 12 no. 2. https://doi.org/10.24843/ipta.2011.v04.i02.p09

Anshari, M. F., & Mahani, S. E. 2018. Pengaruh Digital Marketing dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying pada Situs Berrybenka.com (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Bandung), 1174– 1179.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009

Ariani, D. W. 2003. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Proyek Peningkatan Penelitian Pendidikan Tinggi Direktoran Jendral Pendidikan Tinggi. Depdiknas. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.08921

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009809

Assauri, Sotjan. 2015. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Buana, Lingga. 2011. Smart Business Online Solusi Cerdas Belajar Bisnis Online untuk Pemula, Bekasi: Laskar Aksara.

Claesson, Amanda and Albin Jonsson. 2017. The Confusion of Content Marketing : A Study to Clarify The Key Dimensions of Content Marketing.

https://doi.org/10.21694/2378-7031.16023

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen pemasaran.Yogyakarta: Buku Seru.

Daniele, R., Frew A., Varini, K. and Magakian, A. 2009. Information and Communication Technologies in Tourism. Paper presented at Proceedings of the International Conference in

Amsterdam, January, The Netherlands. https://doi.org/10.35797/jab.6.002.2018.19856.%p

Dewi, Nia Safitri dan Rokh Eddy Prabowo. 2018. Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman

Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik Di Kota Semarang). Prosiding SENDI_U https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54

Dharmmesta, Basu Swastha dan Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsuemen. BPFE: Yogyakarta

Dharmmesta, Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern.

Yogyakarta: Liberty.

Eapen, A., Jihye, Y. E. O., & George, R. 2017. Business group affiliation and FDI spillovers. In 2017 Annual Meeting of the Academy of Management, AOM 2017 (Vol. 2017–Augus). https://doi.org/2355-1488

Fox, P. and Wareham, P.F. 2007. Controlling Your Brand: Contractual Restrictions Placed by Internet Retailers on Affiliate Marketing Activities in Spain. Paper presented at 20th Bled eConference eMergence: Merging and Emerging Technologies, Processes, and Institutions, 4-6th June, Bled, Slovenia.

https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76

Ghozali, Imam. 2001. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunelius, Susan. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hill.

Hair, J. F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R. E. 1998. Multivariate Data analysis. New Jersey: Prentice-Hall, inc.

Harjanto, J.O. 2009. Inovasi Produk dan Ekspektasi Inovasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Erlangga: Jakarta.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12. Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15. Global Edition.

Pearson.

Kotler, Philip., Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Le M, Duc. 2013. Content Marketing. Haaga-Helia. University of Applied Sciences. https://doi.org/10.1007/s11628-013-0213-y

Malhotra, Naresh K. 2006. Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks. Mariussen, A., Daniele, R. and Bowie, D. 2010. Unintended Consequences in the Evolution of

Affiliate Marketing Networks: A Complexity Approach. The Service Industries Journal 30(9), pp. 1707-1722.

https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.06.041

Martin-Gill, W., Hartman, S., Lalchand, U., Schwarz, J. and Wehrmaker, C. 2009. The Coming Evolution in Affiliate Marketing: A Focus on Quality. SEMJ.org 2(1), pp.1-4. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.10.007

Nasution, M. N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Bogor: Ghalia Indonesia.

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2000. 2013. Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1. Edisi 4. Diterjemahkan oleh: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Puspitasari, Puspa., Ratih Tresnati dan Dede R. Oktini. 2017. Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei pada Konsumen Thirteenth Shoes Bandung). Prosiding Manajemen.

https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2009.10.001

Schiffman Leon G. and Leslie Lazar Kanuk. 2000. Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. Uji KHI Kuadrat & Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010. Sutisna, Sunyoto. 2013. Perilaku Konsumen dan Komunikasi.

Tanuwijaya, Handoko, S.E, 2011. Jutaan Peluang Meraup Uang Pilih Sendiri Mesin Uang Anda, Yogyakarta: Berlian Media.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction.Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.10273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com