Pengaruh perceived value dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone oppo mahasiswa S1 Universitas Mulawarman Samarinda

Muhammad Shofwan Rasyidi, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perceived Value dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Mahasiswa S-1 Universitas Mulawarman Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah menggunakan produk smartphone Oppo di kalangan S1 Universitas Mulawarman, sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket atau kuesioner kepada responden yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan alat analisis data yaitu dengan penelitian kualitatif, maka penelitian ini menggunakan metode analisis Statiscal Package Social Science (SPSS). Alat- alat yang digunakan dalam pemrosesan datanya menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perceived Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo di Kalangan Mahasiswa Universitas Mulawarman 2) Brand Image berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Perceived value; keputusan pembelian; brand image; smartphone

References


Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Spectrum. Jakarta: penerbit Mitra Utama.

Aaker, David A. dan Alexander, L. Biel. 2009. Brand Equity and Adventising: Adevertising Role In Building Strong Brand, Lawrence Erlbaum Associates, Inc, Hillsclale

Agus, Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Ermawan Galih Prasetya, Edy Yulianto, dan Sunarti. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2014 Konsumen Air Mineral Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 62, No. 2 : 214-221.

Galena ―Xioami.https://www.galena.co.id/q/bagaimana-hp-xiaomi-bisa- menjualproduknya-dengan-murah-dan-masih-medapatkan-keuntungan-apa- strategi-pasar-mereka.amp. Diakses tanggal 26 Juni 2019.

Ghozali, Iman, 2011. Aplikasi Analisis Multivariete SPSS. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponogoro

Harjati, Lily, dan Lusia Olivia Sabu G. 2014. Pengaruh Presepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop Di Kota. Jakarta. E-Journal WIDYA Ekonomika. Vol. 1 no 1.

Hellier K. Phillip, Gus M. Geursen, Rodney A. Carr, John A. 2003. Customer

Repurchase Intention: A General Structural equation model.European Journal of Markerting. Vol. 37. Iss 11/12. 1762- 1800.

IDC, Research, Inc. ―Smartphone OS Market Share, 2018 Q2‖. http://www.idc.com/prodserv/smartphone-os-market-share.jsp.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran 2, Edisi Millenium, PT. Ikrar Mandiri, Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12,Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L., 2012. Marketing Management. 14 ed. New Jersey: Prentice Hall.

MIUI ― Xioami. https://www.miui.com/res/doc/eula/en.html. Diakses tanggal 26 Juni 2019.

Muhammad Alfiyan Najib, Harry Soesanto, dan I Made Sukresna. 2016. Analisis Pengaruh Brand Awareness, dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Deterjen Merek BOOM di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. XV, No. 1 : 62-73.

Najoud S. ALHuwaishel dan Dr. Soad A. AL-Meshal. 2018. The Impact Perceived Value, Quality and Loyality On Purchase Decision In The Accessories Department: Study on Saudi Females. British Journal of Marketing Studies. Vol. 6, No.4, pp. 21-31.

Netemeyer et al.’s 2004. Developing and Validationg Measures Facets of Customer- Based Brand Equity. Jurnal Business Research. Vol 57, pp 2009 - 224

Nidia Sri Cahyani, S.L.H.V. Joyce Lapian, dan Johan Tumiwa 2017. The Effect of Brand Image, Perceived Price, and Preceived Quality On Consumer Purchase Decision Of Pond’s Skin Care Product. Jurnal EMBA. Vol. 5, No.2.

Schiffman, L. G. dan L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen (Judul Asli: Consumers Behavior), Edisi Ketujuh, PT Indeks. Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung:Alfabeta.

Thambrin, Mohammad. 2010. ― Pengaruh Brand Image Terhadap Pelanggan Kartu Simpati Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura‖. Jurnal Studi Manajemen. Vol 4, No.1 : 61-63.

Yuli Harwani dan Shindy Ramadiyani Pradita 2017. Effect of Brand Image and Perceived Price Towards Purchase Decision In Kentucky Fried Chicken. Journal of Marketing and Consumer Research. Vol. 36.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.10211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com