Pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadap loyalitas konsumen pada kedai zona nyaman samarinda

Novi Arisandi, Zainal Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas Konsumen pada kedai zona nyaman Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Experiential Marketing dan Emotional Marketing sementara variabel terikat adalah Loyalitas Konsumen. Penelitian ini dilakukan pada kedai zona nyaman Samarinda yang terdiri dari 120 responden dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan kuesioner tertutup, responden hanya memilih jawaban dari opsi yang telah ditentukan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda melalui software SPSS versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Experiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Sedangkan Emotional Marketing secara positif dan signifikan mampu mempengaruhi Loyalitas Konsumen.


Keywords


Experiential marketing; emotional marketing; loyalitas konsumen

References


Abdillah,W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Andi.

Agusrinal, D. D. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains , Teknologi Dan Industri, 11(2), 175–184.

Amanda, S., & Dharmayanti, D. (2009). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Comedy Kopi Di Surabaya. Manajememn Pemasaran, (121–131), 1–15.

Artanti Yessy, dessy wulansari. (2014). Pengaruh pemasaran Berdasarkan Pengalaman, Pemasaran Emosional Terhadap Loyalitas Pelanggan. Ilmu Manajemen, 2.

Ba, S., & Ekici, N. (2014). Experiential Marketing and Vacation Experience : The Sample of Turkish Airlines *. 150, 500–510. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.065

Bernd H.Schmitt, D. L. R. (2008). Handbook on Brand andExperience Management (p. 174). p. 174.

Bisnari, A. (2015). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 49–57.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2, 127–133.

Dewi, R. K., Kumadji, S., & kholik mawardi, M. (n.d.). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya pada loyalitas pelanggan ( Survei Pada Pelanggan Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu ). 28(1), 1–6.

Dumat etam, F., L.mandey, S., & Roring, F. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Ppelanggan Pada Rumah Kopi ( Studi Pada Van Omen Coffe Manando ). 6(4), 3493–3502.

Dwi, R., & Nastiti, S. (2012). Analisis Experential Marketing Dan LLoyalitas Pelanggan Jasa Wisata ( Studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang ). Manajemen Dan Kewirausahaan, 14, 128–137.

Ferdinand, A. (2014a). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (Kelima). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferdinand, A. (2014b). Metode Penelitian Manajemen (edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro: AGF Books.

Gunawan, G. (2018). Pengaruh Experential Marketing dan Emotional Marketing Terhadap Brand Loyality( Survei pada Konsumen Smartphone Samsung di Indonesia dan Malaysia ). 61(1), 163–172.

H.s, N. (2002). Analisis Pengaruh Experential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi kasus : Waroeng Spesial Sambal cab . Sompok Semarang ). 1–26.

Indarwati, T. A., & Tiarawati, M. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Experience Dan Emotional Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di J.Co Donuts & Caffee Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(1), 102. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150108.id

Kartajaya, H. (2007). Boosting Loyalty Marketing Performance. ujung berung, bandung.

Karuniatama, I. H., Barata, D. D., & Suyoto, Y. T. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7(1), 28. https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.277

Lopumeten, R. N., & Tomasoa, S. K. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Lopumeten, R. N., & Tomasoa, S. K. (2018). 6.

Nabila, R., Wahyuni, S., & Nugroho, A. (2015). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Tterhadap Wourd Of Mouth Sepeda Motor Yamaha ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Tahun 2014 ). (November), 1–12.

Rini, Endang Sulistya. (1999). Menciptakan Pengalaman Konsumen Dengan Experiential marketing. Manajemen Bisnis, 2, 15–20.

Rini, Erma Sulistyo. (2016). Pengaruh Experential Marketing Dan Emotional Marketing terhadap loyalitas pelanggan Di STIKOM Bali. Manajemen, no. 86, 1–11.

Rizal Muhammad, zafratun N. (2017). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa. Manajemen Keuangan, vol 0.5(January 2016), no 01.

Ruby-Figueroa, R. (2015). Partial Least Square Regression (PLSR). In Encyclopedia of Membranes (pp. 1–3). https://doi.org/10.1007/978-3-642-40872-4_2000-1

Setiabudi, R., & Diah, D. (n.d.). Analisa Hubungan Experiential Marketing , Kepuasan Pelanggan , Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. 2(2).

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian (M. P. Endang Mulyatiningsih, Ed.). CV ALFABETA.

sukoco munir, B., & hartawan aditya, R. (2011). Pengaruh pengalaman dan keterikatan emosional pada merk terhadap Consumer Loyalty. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 04(3), 1–12.

Tauli, O. (2012). Pengaruh Emotion Marketing Dan Experiential Marketing Teerhadap Cusomer Loyalty Pondok Khas Melayu Di Pekanbaru. Manajemen, 1–15.

Umi Kalsum, R. sit. munawaroh. (2017). Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Tokoh HR Elektronik Banjarmasin. Jurnal Spread, 7(April), 67–75.

Widowati, R., & Putra, W. P. (2018). The Effect of Experiential Marketing To Customer Loyalty Through Customer Satisfaction As Intervening Variable in Waroeng Special Sambal Yogyakarta. Incbaa, 167–182.

Wulandari, A. N., Fauzi, A., & Nuralam, I. P. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty (Survei Pada Nasabah Yang Memiliki Tabungan Bank Negara Indonesia (Bni) Kantor Cabang Utama (Kcu) Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 68, No(1), 1–8.

Yusfita, N., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Survei pada konsumen PT Alhamdi Global Wisata periode umrah 2015 sampai dengan Juni 2017 ). Jurnal Administrasi Bisnis, 57(1).




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i3.10140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com