Pengaruh motivasi dan work engagement terhadap employee performance

Azura Septy Devi, Syaharuddin Y Syaharuddin Y

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh motivasi  dan work engagement terhadap employee performance Hotel Aston Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Aston Samarinda yang berjumlah 85 orang. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa kelayakan model diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan model layak dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien regresi variabel motivasi adalah 0,483 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien regresi variabel work engagement sebesar 0,417 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan work engagement memiliki  pengaruh positif dan signifikan terhadap employee performance Hotel Aston Samarinda.


Keywords


Motivasi; work engagement; employee performance

References


Anwar, Prabu Mangkunegara., (2009). Manajemen sumber daya manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Anwar, Prabu Mangkunegara., (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ahmed, Imtiaz, et al., (2013). “Employee Performance Evaluation: a Fuzzy Approach”. International Journal of Productivity and Performance Management. Vol. 62. No. 7. Pp. 718-754.

Bakker, Arnold. B., Leiter, Michael. P., (2010). Work Engagement: A Handbook of Essential Theory and Research. New York: Psychology Press.

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik dan serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Edisi ke-2. Kencana Prenama Media Grup. Jakarta.

Danang, Sunyoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru. http://repository.upi.edu/17628/4/S_MBS_1001311_Bibliography

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam., (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariandja, Marihat Tua Efendi., (2002). “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Grasindo, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, (2006), Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara: Jakarta.

Herdiansyah, Haris., (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Hwang H., & Yang, Takane., (2014). Generalized Structured Component Analysis: A Component-Based Approach to Structural Equation Modeling. Boca Raton, FL: CRC Press

Maslach, C. & Leiter, M.P. (1997). The Truth About Burn-out How Organizations Cause Personal Stress and What to Do About It. San Francisco : JosseyBass Published.

Mujiasih, E., & Ratnaningsih, I. Z. (2007). Meningkatkan Work Engagement Melalui Gaya Kepemimpinan Transformational dan Budaya Organisasi, 1–20. https://doi.org/10.4324/9780203853047.

Neuman W. Lawrence., (2000). Sosial Research Methods: Qualitative and Quantitative, pproaches. Boston: Allyn and Bacon.

Ngalim. Purwanto., (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Rajawali

Robbins, P. Stephen., (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta.

Schaufeli, W. B., Bakker, A. B., & Salanova, M. (2006). The Measurement of Work Engagement With a Short Questionnaire : A Cross- National Study. Journal of Educational and Psychological Measurement , 66, 701-716.

Schaufeli, Wilmar & Arnold Bakker. (2004). UWES, Utrecht Work Engagement Scale Preliminary Manual Version 1.1. Netherland: Occupational Health Psychology Unit Utrecht University

Schaufeli, Salanova, Gonzalez-Roma, V., & Bakker, A. B. (2002). The Measurement of Engagement and Burnout: A Two Sample Confirmatory Factor Analytic Approach. Journal of Happiness Studies , 3, 71-92.

Schaufeli, W. B., & Enzmann, D. (1998). The Burnout Companion to Study and. Research: a Critical Analysis. London.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Teas, R. Kenneth, (1994), “Expectations, Performance, Evaluation, and Consumers’ Perceptions of Quality”, Journal of Marketing, Vol. 57, October, p.18-34.

Wellins, R. & J. Concelman. (2005). Creating a culture for engagement. Workforce Performance Solutions.

Yudaruddin., (2014). Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. INTERPENA, Yogyakarta.

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

https://covid19.go.id/peta-sebaran




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i3.10014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com