Pengaruh kualitas pelayanan kualitas produk dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan

Authors

  • Frederico Lonteng Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda
  • Sri Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.10006

Keywords:

Kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan (X1) kualitas produk (X2) dan kepuasan (X3) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) di kepiting belenger. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji t statistik menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebaliknya kualitas produk (X2) berpengaruh positif tidak signifikan, hasil uji F menyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi memiliki nilai 0,647, hal ini menujukan bahwa 64,7% variasi dari kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), kepuasan (X3) dan loyalitas pelanggan (Y), sedangkan 35,3% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam variabel yang diteliti.

References

Kotler, P dan Amstrong, G. , 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Erlangga, Jakarta.

Kotler,P dan Amstrong, G..,2008.Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Hallak, R, Assaker, G & Haddad.2017. Re-examining the relationships among perceived quality, value, satisfaction, and destination loyalty: : A higherorder structural model. Journal of Vacation Marketing

Oliver, R.L. 2009. When ceconsumer loyalty?: Journal of Marketing, 63, 33–44

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles