Pengaruh kualitas pelayanan kualitas produk dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan

Frederico Lonteng, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan (X1) kualitas produk (X2) dan kepuasan (X3) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) di kepiting belenger. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji t statistik menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebaliknya kualitas produk (X2) berpengaruh positif tidak signifikan, hasil uji F menyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi memiliki nilai 0,647, hal ini menujukan bahwa 64,7% variasi dari kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), kepuasan (X3) dan loyalitas pelanggan (Y), sedangkan 35,3% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam variabel yang diteliti.


Keywords


Kualitas pelayanan; kualitas produk; kepuasan; loyalitas pelanggan

References


Kotler, P dan Amstrong, G. , 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Erlangga, Jakarta.

Kotler,P dan Amstrong, G..,2008.Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Hallak, R, Assaker, G & Haddad.2017. Re-examining the relationships among perceived quality, value, satisfaction, and destination loyalty: : A higherorder structural model. Journal of Vacation Marketing

Oliver, R.L. 2009. When ceconsumer loyalty?: Journal of Marketing, 63, 33–44

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.10006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com