Faktor-faktor yang mempengaruhi pengeluaran konsumsi rumah tangga miskin

Dinar Fuad Romadlon, Adi Wijaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, pendidikan dan status pekerjaan terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga miskin di Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan jumlah responden sebanyak 90 rumah tangga miskin, data yang sudah didapat akan diolah dengan menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan rumah tangga miskin berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga miskin di Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang dan juga jumlah tanggungan keluarga dari rumah tangga miskin berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga miskin di Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang. Sementara pada variabel pendidikan dan status pekerjaan tidak berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga miskin di Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang.


Keywords


Pengeluaran rumah tangga miskin; pendapatan; jumlah tanggungan keluarga; pendidikan; status pekerjaan

References


Gujarati. (2006). Ekonometrika Dasar. Erlangga.

Nurcahyono, O. H. (2015). Perangkap Kemiskinan Pada Warga Relokasi (Studi Korelasional Unsur-Unsur Perangkap Kemiskinan pada Warga Relokasi Pucang Mojo, Kedungtungkul, Mojosongo, Jebres, Surakarta).

Prasetyo, P. E. (2016). Fundamental Makro Ekonomi. In Yogyakarta: Beta Offset. Beta Offset.

Purwanto, A. (2018). Pengaruh Jumlah Tanggungan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Pekerja K3L Universitas Padjadjaran.

Sari, A. C. D. M. (2012). Pengaruh kepemilikan Aset Pendidikan Pekerjaan dan Jumlah Tanggungan terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di kecamatan Bonang Kabupaten Demak.

Sugiyono, P. D. (2010). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV. Alfa Beta.

Supranto. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi Edisi Ketujuh. Erlangga.

Tarigan, R. (2006). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Pendapatan Perbandingan Antara Empat Hasil Penelitian. 11.

Yustika, A. (2014). Analisis Pengeluaran Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Polewali Mandar (Kasus Kecamatan Campalagian




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i2.9826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License