Analisis kesejahteraan keluarga pengendara ojek

Eka Martina Sari, Diana Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang di alami pengendara ojek pangkalan di era ojek online dan kesejahteraan keluarga pengendara ojek pangkalan di Kota Samarinda. Jenis penelitian dalam skripsi adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sumber data primer dan sekunder dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pengendara ojek pangkalan di era ojek online ini banyak mengeluh karena sulitnya mendapatkan penumpang yang mengakibatkan pendapatan mereka menurun hingga mereka berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara memiliki pekerjaan sampingan. Dan keluarga pengendara ojek pangkalan di Kota Samarinda dapat dikatakan dalam kondisi keluarga sejahtera II yang artinya mereka mampu dalam memenuhi kebutuhan dasar dan kebutuhan psikologi namun belum dapat memenuhi kebutuhan pengembangan.


Keywords


Analisis; kesejahteraan keluarga; ojek pangkalan

References


Andi Riswanda. (2019). Dampak Keberadaan Transportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional (Studi Kasus Penarik Becak di Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Badudu, J. . (1994). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Intergraphic.

Darmadi, W. (2016). Dampak Keberadaan Transportasi Ojek Online (GO-JEK) Terhadap Transportasi Angkutan Umum Lainnya di Kota Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Hangganararas, S. (2017). Analisis Kelayakan Layanan GOJEK Sebagai Moda Transportasi di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Muhammad, A. (2013). Hukum Pengangkutan Niaga. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A. (2016). Aspek Hukum Bisnis Transportasi Jalan Online. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v8i4.9793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com