Pengaruh pertumbuhan ekonomi dan pendidikan serta inflasi terhadap pengangguran dan tingkat kemiskinan

Riky Riduan Pratama, Adi Wijaya, Andriawan Kustiawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung pertumbuhan ekonomi dan pendidikan serta inflasi terhadap pengangguran dan tingkat kemiskinan di Kota Samarinda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari tahun 2002-2018 (17 tahun). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur. Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan analisis adalah IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran. Pendidikan secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran. Inflasi secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran.  Pertumbuhan ekonomi secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Pendidikan secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan.  Inflasi secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Pengangguran secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi secara tidak langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan melalui pengangguran. Pendidikan secara tidak langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan melalui pengangguran. Inflasi secara tidak langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan melalui pengangguran.


Keywords


Pertumbuhan ekonomi; pendidikan; inflasi; pengangguran; tingkat kemiskinan

References


Arsyad, Lincolin. 2004. Ekonomi Pembangunan, Edisi Keempat. STIE-YKPN, Yogyakarta.

Indriani, Febby. 2019. “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pendidikan, dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur.†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Jhingan, ML. 2012. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Edisi ke Enam Belas, Penerbit Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Johan, Kornelius, Pan Budi Marwoto dan Dini Pratiwi. 2016. “Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Investasi Terhadap Pengangguran di Indonesia.†Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis Volume 13, Nomor 2. STIE-IBEK Bangka Belitung.

Kasanah, Yunani Tiya, Anifatul Hanim dan P. Edi Suswandi. 2018. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran Terbuka di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009-2014.†e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 2018 Volume V(1) : 21-25 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember (UNEJ).

Kuncoro, Mudrajad. 2007. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Ketiga. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

_______________. 2013. Mudah Memahami dan Menganalisis Indikator Ekonomi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mustamin, Siti Walida, Agussalim dan Sri Undai Nurbayani. 2015. “Pengaruh Variabel Ekonomi Makro Terhadap Kemiskinan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.†Jurnal Analisis Desember 2015 Vol. 4 No. 25 : 165 - 173 Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin.

Nanga, Muana.. 2005. Makroekonomi: Teori, Masalah dan Kebijakan, Edisi Kedua. PT. Raja Grafika Persada. Jakarta.

Nopirin. 2014. Ekonomi Moneter Buku II, Edisi Pertama, BPFE. Yogyakarta.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2012. Cara Menggunakan Dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Alfabeta. Bandung.

Ritonga, Hamonangan. 2003. Perkembangan Indikator Kemiskinan dan Ketenagakerjaan. Journal of Quarterly Review of The Indoneisan Economy.

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung.

Sukirno, Sadono. 2004. Makroekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

______________. 2008. Makroekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tambunan, Tulus T.H. 2003. Perekonomian Indonesia: Beberapa Masalah Penting. Galia Indonesia. Jakarta.

Todaro, Michael P. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i4.9648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com