Pengaruh belanja daerah dan dana alokasi umum terhadap tax effort dan tingkat kemandirian keuangan daerah

Idarni Harefa, Ardi Paminto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap TaxEffort dan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah pada pemerintah kabupaten/kota provinsi sumatera utara. Adapun penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis jalur yang dilakukan dengan software IBM SPSS 24. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder selama 4 tahun (2014-2017). Data yang digunakan meliputi: data APBD, data PAD, data Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung, data Penerimaan Pajak dan data PDRB Kab/Kota Provinsi Sumatera Utara Tahun 2014-2017.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tax Effort Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, penggolongan upaya pajak rata-rata setiap tahunya berada dalam kategori < 1 artinya jumlah pajak yang berhasil dikumpulkan lebih kecil dari pada target pajak yang ditetapkan. Tingkat kemandirian keuangan Kabupaten/kota di provinsi sumatera utara masih banyak daerah yang belum mandiri secara keuangan, serta pengaruh Belanja daerah dalam hal ini belanja langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tax effort sedangkan Belanja Tidak Langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax effort pada pemerintah kabupaten/kota provinsi sumatera utara, Dana Alokasi Umum memiliki pengaruh negatif dan signifikansi terhadap Tax Effort, Belanja Langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikansi terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Sedangkan Belanja Tidak Langsung berpengaruh negatif dan signifikansi terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah, Dana Alokasi Umum berpengaruh  positif dan signifikan (parsial) terhadap  Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah kabupaten/kota Provinsi Sumatera Utara.


Keywords


Belanja langsung; belanja tidak langsung; dau; tax effort; tingkat kemandirian keuangan

References


Abdul Halim. 2007. Akuntansi Sektor Publik : Akuntansi Keuangan Daerah, Salemba Empat. Jakarta.

Abidin, Said Zainal. 2008. Strategi Kebijakan dalam Pembangunan dan Ekonomi Politik. Jakarta: Suara Bebas.

Adi, Priyo Hari. 2006. Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan Dan Dana Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kabupaten Dan Kota Se Jawa- Bali). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Adi, Priyo Hari .2008. Relevansi Transfer Pemerintah Pusat dengan Upaya Pajak Daerah. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana.

Adisasmita, Rahardjo, 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Ariani, Kurnia Rina. 2010. Pengaruh Belanja Modal dan Dana Alokasi Umum Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah dan Tax Effort. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Badrudin, Rudy. 2012. Ekonomika Otonomi Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Besfamille, M. & Pablo S.2004. Exerting Local Tax Effort Or Lobbying For Central Transfers. Universidad Torcuato Di Tella. Argentina.

Bird, Richard M. dan Francois Vaillancourt.2000,Desentralisasi Fiskal di NegaraNegara Berkembang: Tinjaun Umum, dalam Richard M.Bird dan Francois Vaillancourt (Penyunting), Desentralisasi Fiskal Di Negara-Negara Berkembang (Terjemahan), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Dawrwis. 2015. Pengaruh Belanja Modal dan Belanja Pegawai Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah pada Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

DJPK. .2014. Laporan APBD (Audited).(www.djpk.depkeu.go.id). Diakses 26 Juni 2019

Fauzi, Lutfi.2018.Analisis Pengaruh Belanja Pegawai, Belanja Barang Dan Jasa Dan Belanja Modal Terhadap Tax Effort Pada Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Ikasari, Putri. 2015. Pengaruh Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Belanja Modal Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (Studi Kasus pada Kabupaten/Kota di DIY periode 2007-2014).Artikel. Universitas PGRI Yogyakarta.

Mahmudi .2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Sekolah Tinggi IlmuManajemen YKPN. Yogyakarta.

Mahmudi. 2016. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Edisi Ketiga Cetakan Pertama. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mardiasmo, 2006. Pewujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance, Jurnal Akuntansi Pemerintah vol. 2, no. 1, mei 2006 hal 1 – 17

Mulyanto. 2007. Aspek dan Dimensi Keuangan Daerah di Era Otonomi dan Desentralisasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Neli Agustina. 2010. Desentrailisasi fiskal, tax effort dan pertumbuhan ekonomi. Penelitian Terdahulu. Tesis.

Nordiawan, D. & Hertianti, A .2010. Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Pevcin, Primož. 2012. Transfer Revenues, Expenditures and Tax Effort of Slovenian Municipalities. African Journal of Business Management Vol.6 (22), pp. 6721-6728. Faculty of Administration University of Ljubljana.

Piancastelli.M.2001. Measuring The Tax Effort of Developed and Developing Countries. Cross Country Panel Data Analysis 1985/95. IPEA, Rio de Janeiro.

Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis, Alfabeta, Bandung

Saruc, Naci Tolga dan Isa Sagbas. 2008. The Surge Impact of the Flypaper, Substitution and Stimulation Effect on Local Tax Effort in Turkey. International Research Journal of Finance and Economics. EuroJournals Publishing, Inc.

Septyas Virgi Ardhani. (2014). Pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah, Tax Effort (Upaya Pajak), dan Alokasi Belanja modal di Jawa Timur. Vol 2(3). Di akses 1 Desember 2018, dari akuntansi/article/view/10346.

Sidik, Machfud. 2002. Optimalisasi Pajak daerah dan Retribusi Daerah dalam Rangka Meningkatkan Kemempuan Keuangan Daerah. Makalah dalam acara orasi ilmiah dengan tema Strategi Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah Melalui Penggalian Potensi Daerah dalam Rangka Otonomi Daerah.STIA LAN Bandung.

Sivagnanam, K., Jothi dan M., Naganathan. 1999. Federal Transfers And The Tax Efforts Of The States In India. Munich Personal RePec Archive Paper No. 3208. University of Madras

Sugianto.2008. Pajak dan Retribusi Daerah (Pengelolaan Pemerintah Daerah Dalam Aspek Keuangan, Pajak dan Retribusi Daerah), PT Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Suryadi Eka.2017. Dampak Pemberian Dana Alokasi Umum Terhadap Upaya Pajak (Tax Effort)di Provinsi Sumatera Utara.

Tangkilisan, Hessel Nogi S, 2007, Manajemen Publik, Cetakan Kedua, PT. Grasindo, Jakarta.

Waluyo .2010. Perpajakan Indonesia. Buku I dan Buku 2. Jakarta. Salemba Empat.

Waskitho Gigih.2017. Pengaruh Pemberian Unconditional Transfer Terhadap Tax Effort Daerah.Universitas Lampung Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i4.9495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com