Implementasi syirkah inan pada umkm

Ikmaliatussalehah Ikmaliatussalehah, Rais Abdullah

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh Ikmaliatussalehah dengan judul “Implementasi Syirkah Inan Pada UMKM (Studi Usaha Sablon OMI CREATIVE DESIGN Samarinda)†dibawah bimbingan Rais Abdullah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Syirkah Inan Pada UMKM di Omi Creative Design. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha sablon Omi Creative Design tidak menerapkan syirkah inan, hal tersebut dapat dibuktikan terkait modal dan pembagian tugas kerja kedua pihak sudah sesuai dengan syirkah inan karena kedua pihak menggabungkan modalnya dengan jumlah yang berbeda dan pembagian tugas kerja berdasarkan waktu luang dan keahlian kedua pihak. Hanya saja dalam pembagian nisbah tidak sesuai dengan syirkah inan karena kedua pihak bersepakat untuk membagi keuntungan tersebut sama rata, hal tersebut tidak sesuai dengan konsep syirkah inan. Karena seharusnya nisbah tersebut dibagi sesuai dengan porsi modal yang ditanamkan.


Keywords


Implementasi; syirkah inan; umkm; omi creative design

References


Amalia, A., Wahyu Hidayat , & Agung Budiatmo. (2012). "Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Ukm Batik Semarangan Di Kota Semarang," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 1, No. 2, Pp. 282-294.

Anoraga, P. (2010). Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Balqis, D. (2018). Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Penerapan Syirkah ‘Inan Usaha Sarang Burung Walet Di Usaha Dagang Tina Kubu Babusalam Desa Rantau Panjang Kiri Rokan Hilir (Studi Kasus Desa Rantau Panjang Kiri). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pres. Djuwaini, D. (2008). Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ghazaly, A. R. dkk. (2010). Fiqh Muamalat. Jakarta: Prenada Media Group.

Hendi, S. (2007). Fiqh Muamalah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, D. (2016). Implementasi Syirkah Inan dalam Operasional Koperasi Syariah (Studi di: BMT An-Naafi’, Batanghari, Lampung Timur). Skripsi, IAIN Metro.

Mardani. (2012). Fiqh Ekonomi Syariah : Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana. Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Maryani. (2018). “Kerjasama/Syirkah dalam Bisnis Islamâ€. Iqtishodiyah, Vol. 4,

Nomor 1.

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. (1992). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, D. (2015). Study Kebijakan Publik Dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Naja, D. (2011). Akad Bank Syariah. Yogyakarta: Yustisia.

Nawawi, H. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nawawi, I. (2012). Fiqih Muamalah Klasik dan Kontemporer. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nur, D. S. (2019). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Paradigma (JP), 7(2), 84-93.

Nuriastuti, A. (2015). Akad syirkah dalam kompilasi hukum ekonomi syariah: Studi tentang unsur-unsur Mazhab Hanafi dan Maliki. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Putra, M. R. L. (2018). Implementasi Akad Syirkah Pada Usaha Perikanan Air Tawar Keramba Jaring Apung (Kja) Di Waduk Cirata Kabupaten Cianjur. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Resalawati. A. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM Indonesia. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Setiawan, D. (2013). Kerja Sama (Syirkah) Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi, 21(03).

Sofiah, N., & Murniati, A. (2014). Persepsi pengusaha UMKM keramik dinoyo atas informasi akuntansi keuangan berbasis entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP). Jurnal Jibeka, 8(1), 1-9.

Solekhah, N. I. (2017). Bagi Hasil Usaha Bersama (Syirkah) di Kios Mie Ayam Al- Fath perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Kios Mie Ayam Al-Fath Punggur Kabupaten Lampung Tengah). Skripsi, IAIN Metro.

Subarsono, A. G. (2005). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudiarti, S. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. cetakan I, Medan : FEBI UIN- SU Press.

Suryabrata, S. (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suvera, D. (2013). Studi Terhadap Pemikiran Imam Al-Syafi’i Tentang Syirkah.

Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau. Syafe’i, R. (2004). Fiqih Muamalah, Bandung: CV Pustaka Setia.

Syaukani, dkk. (2006). Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta Pustaka Pelajar

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES

Tanjung, M. A. (2017). Koperasi dan UMKM Sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Usman, N. (2005). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahdino, S. (2001). Ekonomi Makro Dan Mikro Islam. Jakarta: PT Dwi Chandra Wacan.

Zamzam, Fakhry & Firdaus. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i1.9450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com