Analisis tingkat kesejahteraan pengrajin manik-manik

Wahdah Wahdah, Muhammad Saleh, Andriawan Kustiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat pendapatan pengrajin manik-manik di Kelurahan Gunung Lingai selama sebulan, 2) tingkat pendidikan yang di tempuh pengrajin manik-manik di Kelurahan Gunung Lingai, 3) waktu jam kerja yang telah di kerjakan oleh pengrajin manik-manik di Kelurahan Gunung Lingai selama beberapa jam/minggu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang bekerja sebagai pengrajin manik-manik di Kelurahan Gunung Lingai. Teknik pengambilan sampel menggunakan Snowball Sampling dengan sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deksriptif kuantitatif dengan tabel silang dan analisis Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kesejahteraan pengrajin manik-manik di Kelurahan Gunung Lingai, 2) Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kesejahteraan pengrajin manik-manik di Kelurahan Gunung Lingai, dan 3) Jam Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kesejahteraan pengrajin manik-manik di Kelurahan Gunung Lingai.


Keywords


Pendapatan; pendidikan; jam kerja; tingkat kesejahteraan

References


Amalia, Irwan Ghani dan Siti. 2015. Alat Analisis Data : Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta: ANDI.

Aulia, Dina. 2017. "Analisis Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Pengrajin Batik di Desa Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan". Skirpsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2017. Indikator Kesejahteraan Rakyat. Samarinda.

Badan Pusat Statistik. 2019. Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jakarta: BPS.

BKKBN. 2011. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Naisonal. Jakarta : Kantor Menteri Kependudukan/BKKBN.

Hasid, H. Zamaruddin. 2013. Pengantar Statistik Ekonomi (I. F. Astuti (ed.); II). Mulawarman University Press.

Komala, Dian. 2014. "Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Jagung Di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan". Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung.

Kurniawan, Titiek. 2015. "Tingkat Kesejahteraan Pengrajin Bambu Di Desa Sendari Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta". Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho, Rofi Taufik. 2017. "Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Pengrajin Industri Bata Merah Di Kecamatan Pataruman Jawa Barat". Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Prabawa, S. 1998. Sumber Daya Keluarga dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani (Studi di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat). Institusi Pertanian Bogor.

Pradipta, Mutiara. (2017). "Tingkat Kesejahteraan Keluarga Petani Padi Di Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman". Jurnal, 7, No. 1,1.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Pratama.

Sujarno. 2008. Ananlisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan di Kabupaten Langkat. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Sumardi, Mulyanto dan Hans Dieter Evers. 1982. Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta: CV. Rajawali Citra Press.

Suud, Muhammad. 2006. Orientasi Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tarigan, Robinson. 2004. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Teguh, Muhammad. 2014. Metodologi Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.9433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com