Strategi pengembangan usaha kedai kopi

Sonia Dipa Shayna, Siti Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada Usaha Kedai Kopi di Citra Niaga. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT. Dimana analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis serta merumuskan suatu strategi bagi perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha yang dapat digunakan pada Usaha Kedai Kopi di Citra Niaga yaitu dengan mengembangkan pasar produk, serta meningkatkan promosi, kualitas, dan juga inovasi produk.


Keywords


Strategi pengembangan; usaha mikro; kecil dan menengah (UMKM); analisis SWOT

References


Anita Karunia, Hetika, Ririh Sri Harjanti, 2020 ‘‘Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Tegal’’, Universitas Tidar.

Ahmad Andry Setiawan, 2018 ‘‘Strategi Warung Kopi Dalam Mempertahankan Eksistensi Bisnisnya (Studi UMKM Warung Kopi di Kawasan Bendungan Rolak Songo Kabupaten Mo jokerto)’’, Universitas Muhammadiyah Malang.

Alyas dan Muhammad Rakib, 2017 ¬‘‘Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros)’’, Universitas Negeri Makassar.

Dadi A. Salim, 2015. ‘‘UMKM Indonesia Masih Bergerak di Sektor Informal’’ (Online), (https://swa.co.id/swa/profile/profile-entrepreneur/umkm-di-indonesia-masih-bergerak-di-sektor-informal, diakses 27 Maret 2020).

Diana Agustin, 2019. ‘‘Meningkatkan Kualitas Pertumbuhan Ekonomi melalui Usaha Kedai Kopi’’ (Online), (https://diswaykaltim.com/2019/10/29/meningkatkan-kualitas-pertumbuhan-ekonomi-melalui-usaha-kedai-kopi/, diakses 30 Maret 2020).

Felisia Meliana Ratri P.Silitonga, 2017 ‘‘Strategi Pengembangan UMKM Batik Tulis (Studi Kasus Batik Tulis di Desa Gulurejo dan Desa Ngentakrejo Kec Lendah, Kab Kulon Progo)’’, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Fahira Nabila, 2019. ‘‘Klasifikasi UKM dan UMKM di Indonesia’’ (Online), (https://smartlegal.id/, diakses 29 Januari 2020).

Kementrian Keuangan, 2012. ‘‘Kebijakan Antisipasi Krisis Tahun 2012 Melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR)¬¬’’ (Online), (https://www.kemenkeu.go.id/, diakses 29 Januari 2020).

Prof. Dr. H.M. Burhan Bungin (2017), Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya).

Sulistiyanto, Dian Heri dan Khasanah, Imroatul, 2014 ‘‘Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kestrategisan Lokasi Terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian’’, Universitas Diponegoro.

Sirojul Lutfi, 2019 ‘‘Usulan Rancangan Strategi Pengembangan Usaha Kedai Bento Kopi Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy’’. Universitas Islam Indonesia.

Sahabatumkm.id, 2019. ‘‘Pengembangan UMKM Samarinda: Membangun UMKM Yang Berdaya Saing Global’’ (Online), (https://sahabatumkm.id/galeri/pengembangan-umkm-samarinda-membangun-umkm-yang-berdaya-saing-global, diakses 27 Maret 2020).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i4.9391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com