Studi tentang eksternalitas infrastruktur hijau

Dwiyafet Paramma, Aji Sofyan Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak eksternalitas yang dihasilkan dari pembangunan infrastrukur hijau pada Taman Cerdas dan Taman Samarendah ditinjau dari aspek ekologi, sosial dan ekonomi. Penelitian ini dilakukan pada Taman Cerdas dan Taman Samarendah yang terdiri dari 30 responden pengunjung Taman Samarendah dan Taman Cerdas, serta 10 respnden Pelaku Usaha Taman Cerdas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kuesioner kepada kelompok sampel, melakukan wawancara pada sampel responden tertentu, dokumentasi dan observasi. Data sekunder meliputi bahan literatur. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan alat analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa pembangunan Taman Cerdas dan Taman Samarendah telah mampu memberikan eksternalitas positif bagi pengunjung, namun juga memberikan eksternalitas negatif bagi pengunjung  disekitar Taman. Pada pelaku usaha Taman Cerdas, semenjak pembangunan Taman tersebut telah mampu memberikan eskternalitas positif dari aspek ekonomi meliputi pelaku usaha, namun berbeda dengan Taman Samarendah yang justru memberikan eskternalitas negatif dari aspek ekonomi meliputi pelaku usaha.


Keywords


Eksternalitas; infrastruktur hijau; aspek ekologi; aspek sosial; aspek ekonomi

References


Aziz, A., Antariksa dan Santosa, H. (2019). Ruang Terbuka Publik Sebagai Elemen Infrastruktur Hijau Kawasan Kota (Studi Kasus: Alun-Alun Kabupaten Ponorogo. Jamang (Jurnal Arsitektur, Manusia dan Lingkungan), 1(1), 47–55.

Hendriani, A. S. (2016). Ruang Terbuka Hijau Sebagai Infrastruktur Hijau Kota Pada Ruang Publik Kota (Studi Kasus : Alun-Alun Wonosobo. Pp. 74–81.

Joga, N. (2019). Trans Jawa: Menjalin Infrastruktur Berkelanjutan. Gramedia Pustaka Utama.

Ngimbang, V. dan Regency, S. L. (2020). Eksternalitas Pabrik Gula PT. Kebun Tebu Mas Desa Lamongrejo Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Village Ngimbang Sub-District Lamongan Regency. 1(3), pp. 324–338.

Nikmatul Fuadah dan Fauzi, R. M. Q. (2019). Eksternalitas Pada Perusahaan Air Minum Santri Sidogiri Perspektif Ekonomi Sumber Daya Alam Islam. 6(5), pp. 15–16.

Suganda, R., Sutrisno, E. dan Wardana, I. W. (2013). Eksternalitas Industri Batu Bata Terhadap Sosial Ekonomi di Kecamatan Tenayan Raya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.9316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com