Determinan keputusan perempuan bekerja

Ramona Febriyanti, Irwan Gani, Muliati Muliati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh usia, tingkat Pendidikan, penghasilan suami, dan jumlah tanggungan dalam keluarga terhadap Keputusan Perempuan Bekerja di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan kuisioner, menggunakan metode slovin. Kemudian melakukan teknis analisis data menggunakan teknik Regresi Logistik, sedangkan untuk data menggunakan uji Goodness of Fit Test dan Uji Wald dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Usia berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Perempuan Bekerja di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda, Tingkat Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Perempuan Bekerja di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda, dan Pendapatan Suami berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Perempuan Bekerja di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda sedangkan variabel Jumlah Tanggungan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Perempuan Bekerja di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda.


Keywords


Usia; tingkat Pendidikan; pendapatan suami; jumlah tanggungan

References


Badan Pusat Statistik (BPS), “Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Tingkat Pengangguran Kota Samarinda Menurut Jenis Kelaminâ€. tahun 2010-2015.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hosmer, D.W, & Lemeshow, S. (2000). Applied Survival Analysis Regression Modeling of Time to Event Data. New York: John Wiley & Sens, Inc.

Linandar, Tidar Noffitri. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Karier Wanita (Studi Kasus : Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Kota Bogor). Skripsi S1 Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Setyowati, Theresia Lurry Ayu Dwi. 2013. Work-Family Conflict Pada Perempuan Bekerja (Studi Kasus : Dosen Perempuan di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). Skripsi S1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Simanjuntak, Payaman J. (1985). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Penerbit FEUI (Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia), Jakarta.

Sipayung, Isty Laura Tofelisa. 2013. Analisis Keputusan Wanita Sudah Menikah untuk Bekerja Studi Kasus di Kota Surakarta Jawa Tengah. Skripsi S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Cahyati, Risa. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Istri Bekerja (Studi Kasus Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Samarinda.

Dumairy. 1996. Perekonomian Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2014. Alat Analisis Data; Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta: Andi.

Majid, Fitria, 2012. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perempuan Berstatus Menikah Untuk Bekerja (Studi Kasus Kota Semarang). Skripsi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Maulana, Robhi. 2009. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Ibu Bekerja Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga di Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda.

Mulyanto Sumardi & Hans Dieter Evers. 1982. Sumber Pendapatan, Kebutuhan Pokok dan Perilaku Menyimpang. Jakarta : CV. Rajawali Citra Perss.

Siswidiyanto. 2004. Laporan Kegiatan Penelitian Tentang Pekerja Wanita Pada Industri Rumah Tangga Sandang Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Suatu Studi Di Kecamatan Tulung Agung, Kabupaten Tulung Agung). Malang. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Ketenagakerjaan. Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i2.9100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)

 
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License