Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pekerja wanita sektor informal di kelurahan selili samarinda

Diyah Anggi Prahesti, Erwin Kurniawan A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur, lama usaha, modal dan jam kerja terhadap pendapatan pekerja wanita sektor informal di Kelurahan Selili Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Selili dengan menggunakan sampel sebanyak 64 responden pekerja wanita sektor informal sebagai pedagang makanan jajanan yang diambil melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel umur (X1), lama usaha (X2), modal (X3) dan jam kerja (X4) secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pendapatan (Y) yang artinya meningkatnya umur, lama usaha, modal dan jam kerja akan meningkatkan pendapatan pekerja wanita sektor informal di Kelurahan Selili Samarinda.


Keywords


Sektor informal; pendapatan; umur; lama usaha; modal; jam kerja

References


Boediono. (2002). Ekonomi Makro: Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.1 Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Dewi, I Gusti Ayu Kartika Candra Sari Dewi, M. S. U. dan A. A. I. N. M. (2016). Pengaruh Faktor Ekonomi, Sosial dan Demografi Terhadap Kontribusi Perempuan Pada Pendapatan Keluarga Di Sektor Informal Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana. Jurnal Kependudukan Dan Pengembangan SDM Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, 12(1), 38–47.

Feriyanto, N. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Gani, I. dan S. A. (2015). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Harihanto. (2017). Masalah Ketenagakerjaan Dari Teoritik-Normatif Sampai Empirik. Surabaya: Jenggala Pustaka.

Hasibuan, M. S. . (1994). Manajemen Sumber Daya Manusia: dasar dan kunci keberhasilan. Jakarta: CV Haji Masagung.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kusnadi. (2000). Akuntansi Keuangan Menengah (Prinsip, Prosedur dan Metode) Edisi keduapuluhsatu. Jakarta: Salemba Empat.

Mantra, I. B. (2003). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novalita, N. N. (2019). Pengaruh Lokasi Usaha, Jam Kerja dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil di Sekitar Stasiun Tanah Abang, Tebet dan Jakarta KOta. Skripsi Fakultas Ekonomi , Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prasetia, Dimas, Sonny Sumarsono, M., & Adenan. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Wanita Pada Industri Manik-Manik Di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember, 1–6.

Rochmawati, Nur Fitria, Wahyu Hidayat Riyanto, I. N. (2018). Hubungan Tingkat Pendidikan, Usia dan Pengalaman Kerja Terhadap Pendapatan Pekerja Wanita Pada Industri Kerajinan Dompet Ida Collection Di Desa Pulo Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmu Ekonomi Universtias Muhammadiyah Malang, 2, 399–408.

Romadina, D. (2018). Pengaruh Modal Kerja, Jam kerja dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Perempuan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Bambu Kuning Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung).

Sandjaja dan Albertus Heriyanto. (2011). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Simanjuntak, P. J. (2001). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: LPFE UI.

Subagyo, J. (2004). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subri, M. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2016). Introduction to Business. Samarinda: KP Books (Kaltim Post Group).

Sukirno, S. (2002). Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukirno, S. (2008). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparmoko. (2000). Pengantar Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPFE.

Suroto. (2002). Strategi Pembangunan dan Perencanaan Kesempatan Kerja. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Tasik, R. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pekerja Sektor Informal di Kabupaten Toraja Utara. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

Thasya, M. dan S. M. (2017). Pengaruh Pendidikan, Umur dan Curahan Jam Kerja Ibu Rumah Tangga Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja di Industri Batu Bata Di Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UniversitasSyiah Kuala Banda Aceh, 2(1), 105–115.

Todaro, M. P. (2000). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga edisi ketujuh. Terjemahanan oleh Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.

Wiggers, M. P. dan I. K. S. (2015). Determinan Pendapatan Pekerja Wanita Sektor Informal Di Desa Baturiti Kabupaten Tabanan. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Bali, 4(7), 828–839.

Winardi. (2002). Pengantar Ilmu Ekonomi. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i2.8658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com