Pengaruh indeks kemampuan keuangan daerah dan belanja daerah terhadap pendapatan asli daerah (pad) kabupaten kutai timur

Febriana Kadong, Priyagus Priyagus, Siti Amalia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh indeks kemampuan keuangan daerah dan belanja daerah terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Penelitian ini di lakukan di Kota Samarinda dengan metode kuantitatif yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur.  Kabupaten Kutai Timur pada perkembangannya, berdasarkan kondisi Perekonomian Balai Pusat Statistik Kabupaten Kutai Timur Tahun 2013 menunjukkan adanya total pendapatan asli daerah yang cederung fluktuatif dari tahun 2008 hingga 2016. Hal ini menunjukkan struktur Pendapatan Asli Daerah yang bersangkutan. Selain dari pada itu, kondisi ini juga dipengaruhi dengan adanya usaha dari pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam pengalokasian dana pembangunan dalam bentuk investasi.


Keywords


Pendapatan asli daerah (pad); indeks kemampuan keuangan (ikk) dan belanja daerah

References


Brata Kusumah, D. 2001. Otonomi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Bappenas, 2003. Peta Kemampuan Keuangan Provinsi Dalam Era Otda : Tinjauan Atas Kinerja Pad, dan Upaya yang Dilakukan Daerah, Direktorat Pengembangan Otonomi Daerah.

Badan Pusat Statistik, 2013. Kutai Timur Dalam Angka 2011-2014 Badan Pusat Statistik Kaltim, Samarinda.

Departemen Keuangan Republik Indonesia, 2008, Pelengkap Buku Pegangan Departemen Keuangan tentang Pelaksanaan Desentralisasi Fiskal di Indonesia, Buku Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah Tahun 2009.

Harizky. 2004. 2013-2014 Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda Sebelum dan Sesudah Otonomi Daerah, Unmul, Samarinda.

Kabupaten Kutai Timur dalam Angka 2013-2015

Ridwan Usman. 2014. Pengaruh Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kalimantan Timur, Unmul, Samarinda.

Rozali Abdullah. 2011. Pelaksanaan Otonomi Luas, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Yuwono, Sony, 2008. Memahami APBD dan Permasalahannya (Panduan Pengelolaan Keuangan Daerah), Bayumedia Publishing, Jawa Timur.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.8654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com